Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Pernah Main di Brisbane Roar, Klub Milik Sultan Indonesia

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 51 2531049 pelatih-timnas-indonesia-shin-tae-yong-pernah-main-di-brisbane-roar-klub-milik-sultan-indonesia-xTso8RZrN9.jpg Shin Tae-yong pernah main untuk Brisbane Roar yang kini dimiliki oleh Grup Bakrie (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, tengah naik daun di antara publik Tanah Air. Akan tetapi, tahukah Anda, bahwa Shin Tae-yong juga punya karier sepakbola sebagai pemain?

Sebelum menjadi pelatih, Shin Tae-yong berkarier sebagai pemain bahkan hingga membela Timnas Korea Selatan. Dia bisa membela Timnas Korea Selatan karena tampil bagus di level klub.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Dalam kariernya sebagai pemain, Shin Tae-yong lebih banyak bermain di Negeri Ginseng. Dia pernah membela Daegu THS, Yeungnam Uni, dan Ilhwa Chunma FC (kini berganti nama jadi Seongnam Ilhwa).

Namun, Shin Tae-yong tidak mengakhiri kariernya di Korea Selatan. Tim terakhir Shin Tae-yong adalah klub Australia, Brisbane Roar, yang kini dimiliki oleh Grup Bakrie.

Shin Tae-yong bergabung ke Brisbane Roar dari Seongnam Ilhwa pada 1 Maret 2005. Akan tetapi, pada 5 Oktober 2005, Shin Tae-yong memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola.

BACA JUGA: 5 Aksi Heboh Shin Tae-yong di Indonesia, Nomor 1 Belajar Islam

Pengalaman sebagai pemain jadi salah satu modal bagi Shin Tae-yong untuk terjun ke dunia kepelatihan. Nama Shin Tae-yong sendiri mulai naik daun usai memimpin Timnas Korea Selatan dengan mengalahkan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018.

Setelah tugasnya bersama Timnas Korea Selatan berakhir pada 2018 silam, Shin Tae-yong pun menangani Timnas Indonesia mulai 1 Januari 2020. Teranyar, juru taktik asal Korea Selatan itu baru saja menjalani turnamen kompetitif pertamanya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Meski Timnas Indonesia dipenuhi para pemain muda di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong mampu membuat kejutan. Shin Tae-yong bahkan membawa Timnas Indonesia ke final dengan catatan tidak terkalahkan.

Sayang, Skuad Garuda gagal menjadi juara karena kalah dari Thailand. Setelah takluk 1-4 di leg I, Timnas Indonesia imbang 2-2 dengan Thailand pada leg II. Secara agregat, Timnas Indonesia kalah 2-6 dari Tim Gajah Perang.

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Meski belum bisa menjadi juara, Shin Tae-yong telah memenangkan hati rakyat Indonesia. Banyak penggemar yang ingin Shin Tae-yong diberi kontrak jangka panjang agar bisa membentuk pasukan muda Timnas Indonesia. Banyak orang berharap Shin Tae-yong bisa membawa Timnas Indonesia mengukir prestasi di masa depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini