Banyak Pemain Timnas Indonesia Berkarier di Luar Negeri, Begini Respons Indra Sjafri

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 51 2530966 banyak-pemain-timnas-indonesia-berkarier-di-luar-negeri-begini-respons-indra-sjafri-FDqpBXsFnC.jpg Para pemain Timnas Indonesia. (Foto: Laman resmi Piala AFF)

JAKARTA – Direktur Teknik Timnas (Tim Nasional) Indonesia, Indra Sjafri, mengomentari para penggawa Garuda yang berkarier di luar negeri. Dia pun menilai ada perbedaan signifikan dari pemain yang berkarier di luar negeri dan di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, materi pemain Timnas Indonesia kini dihuni oleh banyak pemain yang berkarier di luar negeri. Witan Sulaeman (Lechia Gdansk), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Elkan Bagott (Ipswich Town), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), dan Syahrian Abimanyu (Johor Darul Tazim) merupakan nama-nama pemain yang tidak berkarier di Liga 1 dan Liga 2.

Egy Maulana Vikri dan Asnawi Mangkualam

Indra pun membeberkan perbedaan pemain yang berkarier di luar dan dalam negeri. Menurutnya, terdapat perbedaan mencolok dalam segi gaya hidup.

BACA JUGA: Pratama Arhan Dapat Beasiswa S1 dan S2 Usai Tampil Gacor Bersama Timnas Indonesia

“Ada beberapa pemain yang memang bermain di luar negeri, saya selaku pelatih yang juga menangani mereka melihat hal-hal positif pertama adalah lifestyle,” kata Indra, dilansir Youtube R66 Media, Rabu (12/1/2022).

BACA JUGA: Usai Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya Dapat Hadiah Motor saat Pulang Kampung

“Mereka memperlihatkan bagaimana sikap dan gaya hidup seorang profesional, itu sudah terlihat. Mereka bisa tanpa disuruh, tanpa diatur. Masalah yang mendasar bagi kita, tidak ditemui lagi di pemain yang bermain di luar negeri,” sambungnya.

Lebih lanjut, Indra juga berharap lebih banyak pemain yang berkarier di luar negeri. Menurutnya, bersaing di kompetisi yang levelnya lebih tinggi sangat membantu Timnas Indonesia untuk lebih berkembang ke arah yang lebih maju.

“Saya pikir, harus ada banyak pemain kita yang berkarier di luar negeri, bukan berarti kompetisi kita tidak berkualitas, tapi kita butuh pemain yang berkarier di luar negeri, bersaing di kompetisi yang levelnya lebih tinggi,” terangnya.

Indra Sjafri

Indonesia bulan ini akan kembali melakoni partai internasional, yakni menghadapi Bangladesh. Laga tersebut akan digelar dua kali di Bali, yakni pada 24 dan 27 Januari 2022.

Namun, pemain-pemain yang berkarier di luar negeri dipastikan tidak akan berlaga. Pasalnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, lebih memilih menggunakan pemain yang berkarier di Liga 1 pada FIFA matchday tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini