Shin Tae-yong soal Pemain Timnas Indonesia yang Makan Gorengan: Di Pelatnas Takut, di Klub Makan Gorengan Lagi

Cikal Bintang, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 51 2530462 shin-tae-yong-soal-pemain-timnas-indonesia-yang-makan-gorengan-di-pelatnas-takut-di-klub-makan-gorengan-lagi-2DC6cAeA9v.jpg Shin Tae-yong kesal banyak pemain Timnas Indonesia yang masih makan gorengan. (Foto: YouTube/Deddy Corbuzier)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kesal banyak pemain di Skuad Garuda yang sering makan gorengan. Ia menilai, para pemain Timnas Indonesia takut makan gorengan ketika bergabung dengan pemusatan latihan (pelatnas) skuad Garuda.

Namun, ketika kembali ke klub masing-masing, Shin Tae-yong menilai mayoritas pemain Timnas Indonesia mengonsumsi jenis makanan tersebut. Shin Tae-yong menilai, seharusnya para pemain bertanggung jawab atas makanan yang mereka konsumsi.

Shin Tae-yong

‘Gorengan’ merupakan kudapan yang banyak ditemui di Indonesia. Makanan yang terdiri dari bermacam olahan tepung, lalu digoreng dengan banyak minyak itu menurut Shin Tae-yong tidak bagus untuk kesehatan para penggawa Timnas Indonesia.

Karena itu, ia ingin mengubah kebiasaan pemain Timnas Indonesia yang sering memakan gorengan sebagai kudapan. Meski begitu, Shin Tae-yong mengapresiasi pemain Timnas Indonesia yang berhasil mengubah kebiasaan itu sedikit demi sedikit.

“Pemain Indonesia terlalu banyak makanan gorengan. Dan saya mencoba mengubahnya.,” kata Shin Tae-yong dalam Podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier, dikutip pada Selasa (11/1/2022).

BACA JUGA: Penuh Haru, Ini Jawaban Shin Tae-yong Kenapa Pilih Timnas Indonesia ketimbang China yang Siapkan Uang Besar

“Mestinya pemain yang sadar dengan dirinya sendiri sebagai pemain profesional. Saya sejauh ini sudah mencoba mengubah pola makanan pemain,” tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu menyayangkan kebiasaan buruk anak asuhnya terulang saat kembali ke klub masing-masing. Shin Tae-yong berharap, kebiasaan seperti ini tidak terjadi lagi ke depannya.

Shin Tae-yong

“Namun, sejauh itu hanya di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas). Tapi, kalau sudah balik ke klub semuanya berubah,” kata Shin Tae-yong penuh kecewa.

Upaya Shin Tae-yong untuk mengurangi kebiasaan buruk itu memang patut diapresiasi. Sebab, Shin Tae-yong memiliki ambisi besar untuk mengembangkan potensi-potensi muda Timnas Indonesia, dan ingin Skuad Garuda berbicara banyak di berbagai turnamen.

Potensi itu sudah terlihat. Witan Sulaeman dan kawan-kawan mampu tampil prima selama 90 menit pertandingan di Piala AFF 2020. Hasilnya luar biasa, Timnas Indonesia finis runner-up meski mengandalkan pemain-pemain muda.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini