Mees Hilgers Hampir Batal Bela Timnas Indonesia karena Stefano Lilipaly, Kenapa?

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 51 2530310 mees-hilgers-hampir-batal-bela-timnas-indonesia-karena-stefano-lilipaly-kenapa-Qpj0kIZsnE.jpg Mees Hilgers hampir batal bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@meeshilgers)

MEES Hilgers hampir batal membela Timnas Indonesia karena Stefano Lilipaly dan pemain keturunan lain, kenapa? Sekadar informasi, Mees Hilgers merupakan satu dari empat pemain keturunan yang diajukan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Di tahap awal, empat pemain keturunan itu adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Mees Hilgers dan Kevin Diks. Namun, di pertengahan jalan, Shin Tae-yong tiba-tiba meminta PSSI untuk mengganti Kevin Diks dengan Ragnar Oratmangoen.

Mees Hilgers

(Mees Hilgers siap bela Timnas Indonesia)

Sejauh ini baru dokumen milik Jordi Amat dan Sandy Walsh yang sudah lengkap dan siap diproses menjadi WNI. Logikanya, seharusnya dokumen milik Mees Hilgers juga sudah lengkap karena pengajuan pengumpulan data berbarengan dengan Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Akan tetapi, ternyata ada yang mengganjal Mees Hilgers untuk dinaturalisasi menjadi WNI. Bek milik FC Twente itu takut jika dinaturalisasi menjadi WNI, diwajibkan merumput di Liga Indonesia.

Sebab, ia melihat Stefano Lilipaly, Raphael Maitimo dan pemain keturunan lain berkarier di Indonesia setelah dinaturalisasi menjadi WNI. Di saat bersamaan, Mees Hilgers masih ingin mengembangkan karier sepakbolanya di Eropa. Karena itu, Exco PSSI Hasani Abdulgani memberi pemahaman kepada Mees Hilgers.

BACA JUGA: Penyebab Mees Hilgers Hampir Menolak Dinaturalisasi Jadi Warga Negara Indonesia

Ia menyebut tak ada kewajiban pemain yang dinaturalisasi untuk berkarier di Indonesia. Bahkan, PSSI mendorong pemain-pemain untuk berkarier di Eropa demi mengembangkan skill dan kariernya.

β€œTidak (harus bermain di Indonesia). Kita malah ingin mereka tetap bermain di Eropa,” kata Hasani Abdulgani ketika dihubungi MNC Portal Indonesia.

Mees Hilgers

Saat ditanya apakah ada kendala dalam proses naturalisasi ini, Hasani Abdulgani mengatakan semuanya aman terkendali. Hanya saja, memang membutuhkan waktu untuk mengumpulkan dokumen.

"Kendala sih tidak ada. Cuma butuh waktu saja saat mengumpulkan dokumen pendukung,” ujarnya.

Sejauh ini, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Mees Hilgers sudah dikontak Shin Tae-yong. Tinggal Ragnar Oratmangoen yang belum berkomunikasi langsung dengan Shin Tae-yong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini