Share

Shin Tae-yong Ancam Coret Asnawi Mangkualam dari Timnas Indonesia karena Ejek Faris Ramli

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 51 2523329 shin-tae-yong-ancam-coret-asnawi-mangkualam-dari-timnas-indonesia-karena-ejek-faris-ramli-fDupTBjRZ9.jpg Asnawi Mangkualam saat mengejek Faris Ramli yang gagal penalti di laga Timnas Indonesia vs Singapura. (Foto: Laman resmi Piala AFF 2020)

SHIN Tae-yong mengancam mencoret Asnawi Mangkualam dari Timnas Indonesia. Penyebabnya karena Asnawi Mangkualam ketahuan mengejek winger Singapura, Faris Ramli, yang gagal mengeksekusi penalti saat bertemu Timnas Indonesia di leg II semifinal Piala AFF 2020, Sabtu 25 Desember 2021 malam WIB.

Asnawi Mangkualam viral di media sosial setelah aksinya yang mengejek Faris Ramli. Ketika waktu normal 90 menit segera berakhir dalam kedudukan 2-2, The Lions –julukan Singapura– mendapat hadiah penalti setelah Pratama Arhan menjatuhkan winger Singapura, Shawal Anuar.

Asnawi Mangkualam

(Asnawi Mangkualam saat mengejek Faris Ramli)

Jika saat itu penalti yang dilepaskan Faris Ramli menghasilkan gol, Singapura diprediksi lolos ke final Piala AFF 2020. Sebab, Singapura bakal unggul 3-2 ketika pertandingan menyisakan masa injury time.

Namun, kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata tampil luar biasa. Penjaga gawang milik Bali United itu menepis tembakan Faris Ramli yang maju sebagai eksekutor.

Sontak Asnawi Mangkualam yang sebelumnya sedang jongkok langsung berlari ke arah Faris Ramli. Asnawi Mangkualam langsung berteriak dan mengucapkan kata “thank you” atau terima kasih kepada Faris Ramli karena gagal mengeksekusi penalti.

BACA JUGA: 5 Bukti Shin Tae-yong Ternyata Raja Prank di Piala AFF 2020, Nomor 1 Bikin Jantungan

Aksi yang dilakukan Asnawi Mangkualam lazim dilakukan pesepakbola Eropa. Namun, hal itu belum cukup lazim di persepakbolaan Asia Tenggara.

Alhasil, Asnawi Mangkualam mendapat kecaman dari beberapa pihak, salah satunya media Singapura, Mothership. Media tersebut membuat artikel dengan judul ‘Kapten Indonesia Mengejek Faris Ramli yang Gagal Mengeksekusi Penalti di Semifinal Piala AFF’. Dari artikel itu, Mothership membuat kesimpulan bahwa apa yang dilakukan Asnawi Mangkualam tidak keren.

Asnawi Mangkualam

Hal senada pun dilontarkan Shin Tae-yong. Ia mengaku tidak melihat kejadian di atas saat berdiri di lapangan. Namun, ketika melihat siaran ulang, Shin Tae-yong kesal dan mengancam tak lagi menggunakan jasa Asnawi Mangkualam jika kembali mengulangi hal serupa.

“Saya tak melihat kejadian itu di stadion. Namun, saya terkejut melihat tayangan ulangnya. Saya marah kepada Asnawi setelah makan siang dan berkata ‘Jika terulang selama saya menjadi pelatih, jangan harap dapat masuk Timnas Indonesia lagi,” kata Shin Tae-yong mengutip dari media Korea Selatan, The JoongAng.

“Semua pemain di lapangan adalah rekan kerja. Hati ia (Faris Ramli) pasti hancur karena gagal mengeksekusi penalti. Asnawi sudah berjanji takkan mengulanginya lagi,” tegas Shin Tae-yong.

Selanjutnya, Timnas Indonesia berjumpa Thailand di final Piala AFF 2020. Laga berlangsung dua leg tepatnya pada Rabu 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini