Share

5 Kunci Sukses Timnas Indonesia Hajar Singapura 4-2 dan Lolos ke Final Piala AFF 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 26 Desember 2021 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 51 2522728 5-kunci-sukses-timmas-indonesia-hajar-singapura-4-2-dan-lolos-ke-final-piala-aff-2020-iLRG6Et5nd.JPG Suasana laga Timnas Indonesia vs Singapura. (Foto: PSSI)

KALLANG – Tim Nasional (Timnas) Indonesia lolos ke final usai menghajar Singapura 4-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 pada Sabtu 25 Desember 2021. Laga tersebut bisa dikatakan penuh drama karena banyak hal yang terjadi.

Dimulai dari tiga kartu merah yang dikeluarkan untuk pemain Singapura, pertandingan yang melaju hingga babak tambahan, sampai gol bunuh diri yang dilakukan oleh pemain tim tuan rumah. Berkat berbagai drama itu, Timnas Indonesia pun berhasil mengalahkan Singapura dan berhak lolos ke final usai menang 5-3 secara agregat.

Beberapa hal penting terjadi selama 120 menit, beberapa hal di antaranya pun menjadi kunci kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura di leg kedua tersebut. Lantas apa saja kunci sukses tersebut?

Berikut 5 Kunci Sukses Timmas Indonesia Hajar Singapura 4-2 dan Lolos ke Final Piala AFF 2020:

5. Gol Cepat Ezra Walian

Ezra Walian d laga Timnas Indonesia vs Singapura (PSSI)

Ezra Walian membuka gol di pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura ketika laga baru berjalan 11 menit. Golnya tersebut jelas amat berarti mengingat Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke final Piala AFF 2020.

Satu gol Ezra itu membuat pemain Timnas Indonesia tampil percaya diri. Tentunya jalannya pertandingan akan berbeda jika saja pihak Singapura yang pertama kali cetak gol. Jadi, apa yang dilakukan Ezra, yakni mencuri gol pertama jelas menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan Timnas Indonesia dalam mengatasi Singapura.

4. Gol Penyeimbang yang Dilakukan Pratama Arhan

Pratama Arhan

Timnas Indonesia nyaris kalah dari Singapura karena hingga laga memasuki menit ke-85, skuad Garuda sedang tertinggal 1-2. Untungnya mental para pemain Timnas Indonesia sangat kuat sehingga mereka tak lelah berhenti berjuang.

Pratama Arhan pun hadir bak pahlawan karena mampu mencetak gol penyeimbang di menit 87. Berkat Pratama, laga pun berlanjut ke babak tambahan. Momen gol Pratama sangatlah berarti untuk kesuksesan Timnas Indonesia di laga semifinal tersebut.

3. Masuknya Egy Maulana Vikri

Timnas Indonesia vs Singapura (PSSI)

Serangan Timnas Indonesia semakin baik ketika Egy Maulana Vikri masuk di babak kedua. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tepatnya baru memasukkan Egy pada menit ke-66 untuk menggantikan Ricky Kambuaya.

Keputusan Tae-yong pun nyatanya sangat tepat karena serangan Timnas Indonesia menjadi lebih variasi semenjak masuknya Egy. Bahkan berkat Egy, Timnas Indonesia berhasil unggul saat babak tambahan karena terjadi gol di menit 91.

Nama yang terpampang di papan skor mungkin adalah gol bunuh diri yang dilakukan pemain Singapura, Shawal Anuar. Namun sebelum Shawal melakukan own goal, bola liar yang menyambar kaki pemain Singapura itu berasal dari tepisan tendangan Egy yang sangat kencang.

Egy pun lagi-lagi membantu gol Timnas Indonesia. Kali ini namanya benar-benar terlihat karena ia memang berhasil menjebol gawang Singapura di menit 105+2.

2. Keunggulan Pemain Jadi Alasan Utama Timnas Indonesia Mampu Menang

Fakta menarik Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF 2020

Timnas Indonesia menang 4-2 atas Singapura yang bermain dengan delapan pemain hingga laga berakhir. Awalnya Singapura bermain dengan sembilan pemain sejak menit 67 karena kartu merah yang diberikan kepada Safuwan Baharudin (45+2’) dan Irfan Fandi (67’).

Kartu merah terakhir pun baru dikeluarkan pada menit 119 atau ketika babak tambahan ingin berakhir. Kartu merah ketiga itu diberikan kepada kiper Singapura, Hassan Sunny yang bermain baik di laga tersebut.

Hebatnya disaat Singapura sudah bermain dengan sembilan pemain, mereka masih mampu membobol gawang Timnas Indonesia di menit 74 lewat gol Shahdan Sulaiman. Gol itu membuat kedudukan Singapura ungul 2-1 atas Timnas Indonesia.

Untungnya Pratama Arhan hadir bak pahlawan karena mampu mencetak gol penyeimbang di menit 85. Berkat gol Pratama, pertandingan berlanjut ke babak tambahan dan membuat Timnas Indonesia lolos ke final.

Timnas Indonesia berhasil menang karena unggul jumlah pemain yang berada di lapangan. Namun, menariknya Singapura bermain tak kalah baik karena dapat mengimbangi permainan Garuda yang masih komplit 11 pemain.

1. Penampilan Gemilang Nadeo Argawinata di Bawah Mistar Gawang

Nadeo Argawinata

Nadeo memang kebobolan dua gol di leg kedua saat melawan Singapura. Namun, penampilannya tetaplah luar biasa, apalagi saat menghentikan tendangan penalti Singapura yang dieksekusi oleh Faris Ramli.

Momen Nadeo menipis tendangan penalti bisa dikatakan menjadi momen kebangkitan Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, ketika Pratam Arhan susah payak menyeimbang skor 2-2, tiba-tiba saja Singapura dihadiahi tendangan penalti oleh wasit di menit 90+1.

Andai Faris mampu mencetak gol dari titik putih itu, maka skor akan menjadi 2-3 untuk keunggulan Singapura di menit-menit akhir pertandingan. Tapi, untungnya Nadeo mampu menipis tendanga Faris yang tak terlalu kencang.

Berkat Nadeo, gawang Timnas Indonesia aman dan laga pun berlanjut ke babak tambahan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini