Hasil Atalanta vs AS Roma di Liga Italia 2021-2022: Tammy Abraham Cetak Brace, Giallorossi Menang 4-1

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Sabtu 18 Desember 2021 23:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 18 47 2519188 hasil-atalanta-vs-as-roma-di-liga-italia-2021-2022-tammy-abraham-cetak-brace-giallorossi-menang-4-1-8zXMnRiYPp.JPG Suasana laga Atalanta vs AS Roma. (Foto: Reuters)

BERGAMO – AS Roma berhasil memetik tiga poin penuh saat bertandang ke markas Atalanta di laga pekan ke-18 Liga Italia 2021-2022 pada Sabtu (18/12/2021) malam WIB. Roma berhasil menang berkat dua gol yang dicetak Tammy Abraham serta masing-masing satu gol dari Nicolo Zaniolo dan Chris Smalling.

Dengan hasil kemenangan itu, Roma beranjak ke posisi kelima klasemen sementara Liga Italia 2021-2022. Sementara Atalanta harus rela tertahan di posisi ketiga dan gagal menggusur AC Milan dari peringkat kedua.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho menerapkan gaya permainan agresif sejak menit awal. Pria asal Portugal itu ingin timnya menetak gol cepat agar tampil lebih nyaman di sepanjang laga.

Taktik yang disiapkannya itu membuahkan hasil. Pertandingan baru berjalan satu menit, Roma sudah membuka keunggulan melalui sepakan Tammy Abraham.

Berawal dari aksi individu, Abraham yang dikerubungi pemain belakang Atalanta berhasil mempertahankan bola. Bola berhasil disepak masuk ke gawang yang dikawal Juan Musso usai mengenai bek sayap Atalanya, Hans Hateboer.

Atalanta vs AS Roma (Reuters)

Usai unggul, Roma bermain lebih bertahan. Sebaliknya, Atalanta bersikeras menyamakan kedudukan.

Pada menit 21, tim berjuluk La Dea mengancam melalui sepakan Duvan Zapata. Namun masih bisa digagalkan penjaga gawang, Rui Patricio.

Terus tampil menekan membuat Atalanta lengah dan melupakan pertahanan. Garis pertahanan yang terlalu tinggi membuat Roma berhasil memanfaatkan celah di lini belakang anak asuh Gian Piero Gasperini.

Pada menit 27, serangan balik pun dilancarkan dengan mulus. Umpan Jordan Veretout berhasil dikonversikan menjadi gol lewat sepakan kaki kiri oleh Nicolo Zaniolo, keunggulan Roma pun bertambah menjadi 2-0.

Dua menit berelang, Atalanta kembali berusaha menyamakan kedudukan. Namun sepakan kaki kanan Rafael Toloi masih berhasil diamankan Rui Patricio.

Babak Kedua

Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini berinisiatif menarik keluar Josep Ilicic dan memasukkan Ruslan Malinovskyi. Kehadiran pemain asal Ukraina itu di lini depan diharapkan bisa menambah juru gedor La Dea.

Atalanta mengambil inisiatif menciptakan peluang melalui situasi bola mati. Namun, sepakan Ruslan Malonovskyi dari jarak jauh masih bisa ditepis Rui Patricio.

Tiga menit berselang, giliran Roma yang mencoba menambah keunggulan. Namun sepakan kaki kiri Nicolo Zaniolo masih bisa digagalkan Juan Musso.

Pada menit 61, Ruslan Malinovskyi kembali mengancam. Namun sepakannya masih melebar ke sisi kiri gawang.

Atalanta vs AS Roma (Reuters)

Drama terjadi pada menit 68. Gol Duvan Zapata dianulir lantaran dinyatakan offside oleh Video Assistant Referee (VAR).

Setelah dilihat melalaui tayangan ulang, rupanya tandukan Duvan Zapata mengenai paha Jose Palomino terlebih dahulu. Gol tersebut tidak dihitung lantaran Palomino berada dalam posisi offside.

Laga terus berjalan seru, Aleksey Miranchuk yang baru dimasukkan oleh Gasperini mengancam melalui sepakan kaki kanan. Namun masih bisa digagalkan Rui Patricio.

Pada menit 72, justru Roma yang kembali menambah keunggulan. Memanfaatkan situasi bola mati, Chris Smalling sukses mencetak gol melalui sontekan, keunggulan Roma berubah menjadi 3-1.

Pada menit 82, Tammy Abraham mencetak gol keduanya pada laga ini melalui sontekan menggunakan bahu. Kontroversi pun terjadi karena gol tersebut dinilai handsball.

Namun, wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Roma pun keluar sebagai pemenang pada laga ini dengan skor telak 4-1.

Dengan hasil ini, Roma berhasil mencuri poin penuh dari markas Atalanta. Tim berjuluk I Gialorosso pun bertengger di posisi kelima dengan koleksi 31 poin, hasil 10 kemenangan, satu hasil imbang dan tujuh kekalahan.

Atalanta masih berada di peringkat ketiga dengan perolehan 37 poin, hasil 11 kemenangan, empat hasil imbang dan tiga kekalahan. Jarak Atalanta dengan Inter Milan selaku pemuncak klasemen pun menjauh menjadi enam poin.

Susunan Pemain

Atalanta XI (3-4-3): Juan Musso; Jose Palomino, Berat Djimsiti (Luis Muriel), Rafael Toloi, Remo Freuler, Guiseppe Pezzella, Hans Hateboer, Duvan Zapata, Mario Pasalic, Josep Ilicic

Pelatih: Gian Piero Gasperini

AS Roma XI (3-5-2): Rui Patricio; Chris Smalling, Gianluca Mancini, Ibanez, Bryan Cristante, Henrikh Mkhitaryan, Matias Vina, Rick Karsdorp, Tammy Abraham, Nicolo Zaniolo

Pelatih: Jose Mourinho

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini