Shin Tae-yong Andalkan Strategi Jurgen Klopp dan Ralf Rangnick di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Otomatis Juara?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 51 2514481 shin-tae-yong-andalkan-strategi-jurgen-klopp-dan-ralf-rangnick-di-piala-aff-2020-timnas-indonesia-otomatis-juara-QOrPeu9M4e.jpg Shin Tae-yong bisa bawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, mengandalkan strategi pressing yang kerap diandalkan pelatih-pelatih asal Jerman seperti Jurgen Klopp (Liverpool), Thomas Tuchel Chelsea (Chelsea) hingga Ralf Rangnick (Manchester United). Apakah strategi ini bakal mengantarkan Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020?

Malam ini Timnas Indonesia bakal menjalani laga perdana di Piala AFF 2020. Bermain di Stadion Bishan, Timnas Indonesia menghadapi Kamboja yang di laga pertama tumbang 1-3 dari Malaysia.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong bisa bawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020)

Untuk menjalani laga ini, Shin Tae-yong akan menerapkan strategi high pressing. Bagi yang belum tahu, strategi ini mendorong para pemain untuk merebut bola secepat mungkin dari kaki lawan, bahkan ketika si kulit bulat masih berada di pertahanan lawan.

Sementara itu, ketika menyerang, garis pertahanan Timnas Indonesia masuk kategori tinggi. Fachrudin Aryanto dan tiga bek Timnas Indonesia lainnya bakal tak jauh dari garis tengah lapangan. Satu kelemahan strategi ini adalah kurang kuat dalam mengantisipasi serangan balik dan itu wajib dipecahkan Shin Tae-yong.

"Kita akan bermain dengan high pressing. Memang banyak orang melihat Kamboja bermain baik ketika itu dengan penguasaan bola. Tetapi, saya melihat ada celah sehingga mereka kalah," kata Shin Tae-yong mengutip dari laman resmi PSSI, Kamis (9/12/2021)

BACA JUGA: Mengejutkan! Media Korsel Sebut Cuma Timnas Indonesia yang Bisa Gagalkan Vietnam Juara Piala AFF 2020

Bagaimana dengan strategi gegenpressing atau counter pressing yang diterapkan Jurgen Klopp hingga Ralf Rangnick? Strategi ini mendorong para pemain untuk merebut bola secepat mungkin dari kaki lawan. Ketika sudah menguasai bola, setidaknya dalam 10 detik ke depan peluang mesti dicetak.

Dalam kondisi bertahan atau ketika merebut bola, pressing yang dilakukan high pressing maupun gegenpressing sama. Tentu harapannya strategi terbaik dapat diberikan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong

Sebab, pencinta sepakbola Tanah Air sangat haus akan trofi Piala AFF. Semenjak turnamen ini diadakan pada 1996, prestasi terbaik Timnas Indonesia hanya menjadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

Jadi, sanggup bahwa Timnas Indonesia Berjaya, Shin Tae-yong? Menarik untuk dinantikan.

Berikut jadwal siaran langsung Timnas Indonesia vs Kamboja di RCTI dan iNewsTV:

Kamis, 9 Desember 2021 pukul 19.30 WIB

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini