5 Pelatih Kelas Dunia yang Kagumi Ralf Rangnick, Nomor 1 Bangkitkan Prestasi Liverpool

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 51 2513681 5-pelatih-kelas-dunia-yang-kagumi-ralf-rangnick-nomor-1-bangkitkan-prestasi-liverpool-nxv74uBLBx.jpg Ralf Rangnick resmi jadi pelatih interim Manchester United. (Foto: Reuters)

PELATIH kelas dunia yang kagumi Ralf Rangnick menjadi hal yang menarik untuk dikulik. Sebab, ternyata ada banyak pemain yang menganggumi juru taktik yang kini menukangi Manchester United tersebut.

Sosok pelatih veteran Jerman, Ralf Rangnick, memang jadi sorotan besar usai ditunjuk menjadi manajer sementara Manchester United. Terlepas dari ketajaman taktisnya yang terdokumentasi dengan baik, perjalanan karier manajerial Rangnick sendiri memang sangat menarik.

Ralf Rangnick

Rangnick sendiri dikenal memiliki filosofi yang menarik dalam menangani klub sepakbola. Hal inilah yang membawanya memiliki banyak idola, bahkan sampai disukai para pelatih kelas dunia. Siapa saja mereka? Sebagaimana dilansir Sportskeeda, Rabu (8/12/2021), berikut 5 pelatih kelaas dunia yang kagumi Ralf Rangnick.

BACA JUGA: 10 Hukuman Paling Nyeleneh ala Ralf Rangnick di Manchester United, Nomor 1 Pakai Baju Balet saat Latihan

BACA JUGA: Ralf Rangnick Tukangi Manchester United, Aaron Wan-Bissaka dan Luke Shaw Bisa Tersingkir

5. Marco Rose (Borussia Dortmund)

Salah satu pelatih kelas dunia yang mengagumi Ralf Rangnick ialah Marco Rose. Manajer Borussia Dortmund ini menikmati kenaikan pesat namanya di sepakbola kala berada di Red Bull Salzburg antara 2013 dan 2019.

Marco Rose

Pertumbuhan Rose bertepatan dengan masa pemerintahan terkenal Ralf Ragnick sebagai Direktur Sepak Bola untuk grup olahraga Red Bull, yang mencakup RB Salzburg dan RB Leipzig. Dimulai sebagai pelatih U-16 Salzburg pada 2013, Marco Rose diangkat menjadi pelatih kepala tim utama pada 2017.

Rose sukses instan, memenangkan Bundesliga Austria di musim pertamanya. Dia juga mengalahkan Borussia Dortmund dalam perjalanan ke semifinal Liga Eropa. Dia berangkat ke Borussia Monchengladbach pada 2019 setelah tak terkalahkan di kandang dalam dua musim bersama RB Salzburg.

Taktik Marco Rose berkisar pada filosofi Rangnick untuk melakukan serangan balik di atas lapangan. Tak ayal, dirinya begitu mengidolai Rangnick.

4. Ralph Hasenhuttl (Southampton)

Berikutnya, ada nama Ralph Hasenhuttl. Southampton besutan Ralph Hasenhuttl mungkin saja menjadi tim paling aneh di Liga Inggris. The Saints -julukan Southampton- secara konsisten memainkan gaya sepakbola menyerang yang atraktif sambil melakukan passing dari belakang.

Ralph Hasenhuttl

Dengan gaya tersebut, hasil manis pun bisa diraih Southampton. Di antaranya, mereka telah meraih kemenangan mengesankan atas lawan papan atas, seperti Liverpool dan Manchester City, selama 12 bulan terakhir.

Hasenhuttl pun dikenal sebagai pengagum Jurgen Klopp dan Ralf Rangnick, yang pernah menjadi Direktur Sepakbola di Leipzig pada masa pemerintahan pelatih asal Austria itu. Seperti Rangnick, Hasenhuttl percaya sepakbola seharusnya tidak hanya efektif tetapi juga menghibur.

3. Julian Nagelsmann (Bayern Munich)

Nama berikutnya ialah Julian Nagelsmann. Sosok Rangnick memainkan peran cukup penting dalam karier kepelatihan Nagelsmann. Kesuksesan Nagelsmann bersama Hoffenheim membuat Rangnick sangat terkesan sehingga memutuskan menyingkirkan Ralph Hasenhuttl dan menggantikan posisi kepelatih Leipzig dengannya.

Julian Nagelsmann

Benar saja, musim debut Nagelsmann di RB Leipzig menjadi sensasional. Klub itu finis ketiga di Bundesliga. Mereka juga memulai perjalanan yang menakjubkan ke semifinal Liga Champions, menyingkirkan Atletico Madrid asuhan Diego Simeone.

Nagelsmann juga menjadi manajer termuda yang melatih tim di semifinal Liga Champions. Nagelsmann kini mengelola Bayern Munich dan resmi menjadi manajer termahal di dunia. Dia pun secara gamblang menyatakan kekaguman dan dukungan kepada Rangnick ketika ditapuk menjadi juru taktik Man United.

2. Thomas Tuchel (Chelsea)

Di urutan kedua, ada nama Thomas Tuchel. Ralf Rangnick telah membantu Tuchel menjadi salah satu manajer terbaik di sepakbola.

Thomas Tuchel

Pada 2000, Rangnick secara pribadi memutuskan mengangkat Tuchel yang berusia 27 tahun sebagai pelatih kepala tim U-15 Stuttgart. Itu adalah pertunjukan pelatihan pertama Tuchel.

Satu dekade kemudian, Rangnick berusaha sangat keras untuk membawa Tuchel ke Hoffenheim pada 2010. Sekarang, juru taktik Jerman itu bertarung habis-habisan di Liga Inggris. Tuchel adalah murid terbaik Rangnick dan mencerminkan kemampuan beradaptasi manajer veteran sambil tetap setia pada filosofi gegenpressing.

β€œDia (Rangnick) banyak membantu saya karena dia adalah pelatih saya. Dia adalah salah satu figur utama yang meyakinkan saya untuk mencoba melatih. Begitu besar pengaruhnya saat ini. Dia adalah manajer elite,” ujar Tuchel mengungkap kekagumannya kepada Rangnick.

1. Jurgen Klopp (Liverpool)

Terakhir, ada nama Jurgen Klopp. Dia bisa dibilang sebagai manajer terbaik di dunia sepakbola. Manajer asal Jerman itu pun sangat vokal tentang rasa hormatnya kepada Ralf Rangnick.

Jurgen Klopp

Lantaran rasa hormatnya yang besar kepada Rangnick dan memang mengetahui kehebatannya, Klopp bahkan mengutarakan pernyataan kekhawatiran usai mengetahui Man United merekrutnya. Dia yakin Man United akan jadi klub hebat di bawah asuhan Rangnic

β€œMan United akan terorganisasi di lapangan. Itu jelas bukan kabar baik bagi tim lain,” jelas Klopp.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini