Share

Hati-Hati Timnas Indonesia, Malaysia Haus Kemenangan Usai Kalahkan Kamboja

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 22:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 51 2512954 hati-hati-timnas-indonesia-malaysia-haus-kemenangan-usai-kalahkan-kamboja-upbIHptf2R.jpg Timnas Malaysia menang 3-1 atas Timnas Kamboja. (Foto/FAM)

SINGAPURA – Tim Nasional (Timnas) Malaysia berhasil meraih kemenangan atas Timnas Kamboja pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020. Seusai pertandingan, pelatih Timnas Malaysia Tan Cheng Hoe menyebut skuad Harimau Malaya masih haus kemenangan melawan tim-tim lain, termasuk Timnas Indonesia.

Timnas Malaysia menang dengan skor meyakinkan saat menghadapi Kamboja. Mereka menang dengan skor 3-1 di Stadion Bishan, Senin (6/12/2021).

Foto/Twitter

Malaysia berhasil meraih poin penuh melalui eksekusi penalti Safawi Rasid pada menit 23, sepakan Akhyar Rashid pada menit 61 dan sepakan Kogileswaran Raj pada menit 78. Kamboja hanya mampu memperkecil kedudukan melalui eksekusi penalti Sath Rosib pada menit 90.

Tan Cheng Hoe mengatakan bahwa dirinya tidak ingin terlalu berlarut dalam euforia kemenangan. Pelatih berusia 53 tahun itu mengingatkan anak asuhnya untuk lekas beristirahat guna menjaga kesehatan.

Baca juga: Pemain Laos Tak Anggap Timnas Indonesia Lawan Terkuat di Piala AFF 2020

Bukan tanpa dasar, pasalnya penyerang Malaysia, Faisal Halim dan kiper kedua, Khairul Azhan dikonfirmasi positif tertular Covid-19. Maka dari itu, Tan Cheng Hoe menegaskan bahwa waktu istirahat merupakan aspek yang sangat penting agar para pemain tetap tampil prima dan tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: Kushedya Hari Yudo Minta Masyarakat Indonesia Doakan Timnas Indonesia Sukses di Piala AFF 2020

"Kami harus istirahat, itu yang terpenting. Kami harus mempersiapkan pertandingan nanti, para pemain harus terus fokus untuk mengatasi kelemahan," kata Tan Cheng Hoe dilansir Vietnam Net, Senin (6/12/2021).

Lebih lanjut, Tan Cheng Hoe mengaku bangga lantaran anak asuhnya mampu bersikap profesional meski rekannya ada yang sedang tertimpa musibah Covid-19. Pria asal Malaysia itu mengatakan bahwa kemenangan atas Kamboja merupakan hasil kerja keras anak asuhnya yang tetap mempersiapkan laga dengan matang meski dihantui ketakutan akan virus.

"Meskipun Malaysia memiliki banyak kesulitan di Piala AFF 2020, kami telah mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan pembukaan. Secara keseluruhan, para pemain tampil bagus. Kami mencetak tiga gol dari pemain yang berbeda. Saya puas dengan penampilan para pemain," sambungnya.

Sebagai informasi, selain dua pemain yang terkonfirmasi Covid-19, Malaysia datang ke Piala AFF 2020 dengan skuad pincang. Dua gelandang pilar mereka, Akram Mahinan dan Kenny Pallraj harus absen membela Malaysia di Piala AFF 2020 lantaran cedera.

Oleh sebab itu, Tan Cheng Hoe merasa senang dengan pencapaian timnya yang tetap bisa menunjukkan performa gemilang meski dilanda kesulitan bertubi-tubi jelang bergulirnya turnamen. Mantan pelatih Kedah FA itu mengatakan bahwa pemainnya masih haus kemenangan dan ingin mencetak lebih banyak gol.

Foto/Twitter

(Penyerang naturalisasi asal Malaysia, Guilherme de Paula).

"Sepakbola adalah permainan tim, yang penting kami menang berkat semangat tim. Kami akan bermain ofensif dan ingin terus mencetak lebih banyak gol di turnamen tahun ini, melawan lawan tim mana pun," tandasnya.

Oleh sebab itu, Indonesia harus mewaspadai rival abadinya itu. Tim Garuda akan bersua Malaysia pada laga terakhir penyisihan Grup B, 19 Desember 2021 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini