International Youth Championship 2021 Resmi Ditunda, Real Madrid dan Barcelona Gagal Beraksi di Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 51 2511388 international-youth-championship-2021-resmi-ditunda-real-madrid-dan-barcelona-gagal-beraksi-di-indonesia-CjSFHEJpc7.jpg Suasana latihan Indonesia All Star U-20 pada Kamis. Sayangnya, mereka harus menunda tampil di IYC 2021. (Foto: Faisal Rahman/MPI)

TURNAMEN International Youth Champions 2021 yang sedianya digelar di Jakarta dan Bali pada 4-11 Desember 2021 resmi ditunda. Ajang ini ditunda untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19, Omicron, yang sudah melanda di berbagai belahan dunia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengeluarkan surat keputusan bernomor 556/-079.13 yang ditujukan kepada pimpinan Pancoran Soccer Field, Gede Widiade, untuk menunda ajang yang diperuntukkan bagi pemain-pemain muda ini.

Indonesia All Star U-20

(Indonesia All Star U-20 sudah berlatih di Bali)

Selain kepada pimpinan Pancoran Soccer Field, Anies Baswedan juga mengirim surat itu kepada presiden Real Madrid, Barcelona dan CEO Atletico Madrid.

“Sesuai arahan kebijakan pemerintah Republik Indonesia telah diputuskan bahwa seluruh kegiatan olahraga dan kebudayaan yang menimbulkan keramaian dan melibatkan orang asing tidak diperbolehkan sementara ini,” isi pernyataan dari surat tersebut.

“Terkait situasi tersebut kami meminta kepada Pancoran Soccer Field untuk menangguhkan pelaksanaan turnamen International Youth Champions 2021 pada tanggal 4-11 Desember 2021 sampai dengan situasi pandemicdan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron telebih lebih terkendali dan dapat dipredksi,” lanjut isi surat yang ditandatangani Anies Baswedan.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Pemain Indonesia All Star U-20, Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid di International Youth Championship 2021

Mendapat surat di atas, Gede Widiade pun mendukung penuh ditundanya turnamen ini. Mantan CEO Persija Jakarta menilai kesehatan jadi yang paling utama saat ini.

“Kami baru menerima pemberitahuan ini secara mendadak mendekati tanggal penyelenggaraan. Kami menghormati keputusan Pemerintah Indonesia dan memutuskan menunda event International Youth Championship 2021,” kata Gede Widiade, Chairman Pancoran Soccer Field selaku penyelenggara turnamen.

Jakarta International Stadium

(Rencana awal turnamen ini digelar Jakarta International Stadium. (Foto: Instagram/@darisarch)

“Bagaimanapun, kesehatan menjadi prioritas utama,” Gede Widiade menegaskan.

Turnamen ini awalnya akan diikuti empat tim. Sebut saja Indonesia All Star U-20, Real Madrid U-18, Barcelona U-18 dan Atletico Madrid U-18.

Turnamen International Youth Championship 2021 ini menggunakan sistem round robin dan menggelar pertandingan fase grup lebih dulu di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, pada 4-8 Desember 2021.

Kemudian, tim yang menduduki posisi satu dan dua akan bertemu di partai puncak yang dilangsungkan di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 11 Desember 2021. Namun, turnamen harus ditunda karena varian baru Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini