Kabar Baik, Menpora Zainudin Amali Izinkan Stadion dengan Fasilitas Kursi Tunggal Dihadiri Penonton

Rio Eristiawan, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 49 2510108 kabar-baik-menpora-zainudin-amali-izinkan-stadion-dengan-fasilitas-kursi-tunggal-dihadiri-penonton-ugy8bXn0LD.jpg Menpora Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali memberikan kabar baik untuk para pencinta sepakbola Tanah Air, khususnya penonton setia Liga 1 2021-2022. Pasalnya saat ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan panitia penyelenggara Liga 1 2021-2022 tengah mencari solusi untuk bisa membiarkan penonton hadir secara langsung untuk menyaksikan pertandingan.

Sejauh ini rencana pertama uji coba kehadiran penonton akan segera dilakukan. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi, yakni stadion yang bisa dihadiri penonton harus yang memiliki fasilitas kursi tunggal atau single seat.

Sebagaimana diketahui, gelaran Liga 1 Indonesia 2021-2022 telah dimulai sejak Agustus. Tetapi, akibat pandemi Covid-19 ajang sepakbola tertinggi di Indonesia itu harus dilaksanakan tanpa dihadiri penonton di stadion.

Namun, saat ini Menpora Amali telah merencanakan uji coba kehadiran penonton di stadion. Tetapi, adanya syarat khusus yang menjadi kendala untuk penggemar bisa menyaksikan tim kesayangan berlaga.

Kabar Baik! Menpora Zainudin Amali Ungkap Rencana Liga 1 2021-2022 Dihadiri Penonton

Stadion Si Jalak Harupat

Menpora Amali mengatakan stadion yang memiliki fasilitas kursi perorangan menjadi syarat khusus untuk bisa dihadiri oleh penonton. Tetapi, akan dibatasi dengan hanya memperbolehkan lima ribu penonton yang dapat hadir di stadion.

"Itu single seat ya. Hanya untuk 5000 penonton saja tidak masalah itu kita akan coba," kata Menpora Amali dalam Rilis yang diterima MNC Portal Indonesia, Rabu (1/12/2021).

Lebih lanjut, Zainudin Amali menjelaskan saat ini Menpora sudah melakukan koordinasi dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk memilih mana saja stadion yang boleh dihadiri penonton. Tetapi, tidak semua stadion akan diperbolehkan untuk dihadiri oleh penonton.

"Saya sudah koordinasi dengan PSSI dan LIB mereka sedang mempersiapkan. Tetapi tidak di semua tempat hanya lapangan-lapangan atau stadion dengan single seat yang bisa ada penontonya dan itu pun terbatas,"jelasnya.

Sementara, di Indonesia sendiri terdapat sejumlah stadion yang memiliki fasilitas kursi perorangan diantaranya Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo dan beberapa lainnya.

Menpora Zainudin Amali (Kemenpora)

Dengan adanya Stadion yang memiliki fasilitas kursi tunggal ini, tentunya akan memudahkan penyelenggara pertandingan dalam mengatur posisi duduk penonton mengingat masih diterapkannya protokol kesehatan.

Kendati begitu, untuk saat ini Liga 1 menggunakan sistem seri dan kluster. Mengingat untuk seri ketiga saat ini misalnya, hanya Stadion Manahan yang memiliki kursi single seat, sementara stadion lain masih belum memiliki fasilitas tersebut.

Jadi, kendala utamanya kali ini adalah sedikitnya stadion yang bisa menjadi lokasi uji coba kehadiran penonton. Terlepas dari itu semua, tentu saja hal itu tetaplah kabar baik karena pencinta sepakbola Tanah Air perlahan bisa mendukung tim kesayangan dari stadion langsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini