5 Pemain yang Menyesal Tinggalkan Liverpool, Nomor 1 Dijauhi Geng Lionel Messi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 27 November 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 51 2508185 5-pemain-yang-menyesal-tinggalkan-liverpool-nomor-1-dijauhi-geng-lionel-messi-ohfkQZjmGc.jpg Georginio Wijnaldum saat berseragam PSG. (Foto/Reuters)

LIMA pemain yang menyesal tinggal Liverpool akan diulas dalam daftar ini. Beberapa nama merupakan pemain andalan saat membela The Reds, namun tetap memutuskan pindah dari Anfield karena beragam faktor.

Liverpool adalah salah satu klub terbesar di Eropa bahkan dunia. Raksasa Inggris itu telah meraih 19 gelar liga dan enam trofi Liga Champions. Di bawah pelatih mereka saat ini, Jurgen Klopp, Liverpool telah mampu kembali berjaya seperti di masa lalu.

Dengan begitu banyak kesuksesan sepanjang 129 tahun sejarah mereka, Liverpool telah diberkati dengan kehadiran beberapa pesepakbola yang luar biasa. Dari Kenny Dalglish dan Alan Hansen pada 1980-an hingga Luis Suarez dan Virgil van Dijk pada 2010, Liverpool telah menjadi rumah bagi beberapa pemain generasi.

Namun, sejumlah pemain andalan Liverpool memutuskan untuk pindah. Berikut lima di antaranya:

5. Robbie Fowler

Robbie Fowler melewati masa mudanya di Liverpool, sebelum memulai debutnya untuk tim utama pada 1993. Pemain asli Liverpool ini terkenal karena penapilannya dari 1993 hingga 2001.

Dengan 183 gol, ia menempati urutan keenam di antara pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk The Reds. Fowler jgua merupakan pencetak gol terbanyak bagi Liverpool selama era Premier League.

Foto/Liverpool

Meskipun pendukung Anfield mengaguminya, ia dijual ke Leeds pada 2001. Alasan kepergiannya adalah hubungan pahitnya dengan pelatih Gerard Houllier dan duet Michael Owen dan Emil Heskey.

Baca juga:ย 5 Pemain yang Lebih Pilih Uang ketimbang Karier Sepakbolanya, Nomor 1 demi Istri dan Anak

โ€œTuhanโ€, begitu fans Liverpool menyebutnya, bergabung dengan Leeds untuk bermain reguler di tim utama. Fowler kemudian kembali ke Liverpool setelah beberapa tahun bersama Leeds dan Manchester City, tetapi dia tidak bisa mengembalikan performa terbaiknya. Setelah bermain untuk Perth Glory dan Muangthong United, Fowler pensiun pada 2012.

4. Philippe Coutinho

Gelandang serang sekaligus pemain sayap asal Brasil Philippe Coutinho telah membuktikan dirinya sebagai pemain terpenting Liverpool saat kepergiannya. Coutinho tampil 201 kali untuk klub dan memainkan peran dengan mencetak dalam 99 gol.

Baca juga:ย 5 Pesepak Bola Top dengan Kemampuan Khusus dan Unik, Nomor 1 Eks Barcelona

Dia dijuluk "si Penyihir Kecil" dikenal karena kakinya yang gesit dan tembakan jarak jauhnya. Penampilannya yang apik membuat Barcelona mendatangnkan Coutinho pada 2018. Namun, kepindahan itu berubah menjadi mimpi buruk.

Coutinho gagal bermain apik di Barcelona. Pemain asal Brasil itu kerap dimainkan di luar posisi. Dia sempat dipinjamkan ke Bayern Munich, namun raksasa Jerman tak mamu memperpanjang masa baktinya sehingga Coutinho kembali ke Barca.

3. Fernando Torres

Selama berseragam Liverpool, Fernando Torres adalah salah satu penyerang yang menakutkan bagi tim lawan. Dia adalah salah satu striker terbaik di dunia dan berhasil meraih podium di Ballon d'Or pada 2008.

Hanya saja, Torres menginginkan gelar juara untuk tim. Pemain asal Spanyol itu kemudian memutuskan pindah ke Chelsea pada 2011.

Foto/Liverpool

Meskipun Torres memenangkan Liga Champions dan Piala FA di Chelsea, kariernya menurun setelah berpisah dengan Liverpool. Torres secara terbuka menyatakan bahwa dia menyesal meninggalkan The Reds.

2. Michael Owen

Michael Owen adalah striker lain yang menyesal pergi dari Anfield. Dia adalah tokoh kunci Liverpool memenangkan Piala Liga, Piala FA, dan Piala UEFA.

Michael Owen yang masih berusia 21 tahun tampil gemilang sepanjang musim, mencetak 24 gol di semua ajang dan jadi top skor klub. Ia juga kemudian meraih gelar Ballon d'Or 2001. Owen secara keseluruhan, ia mencetak 158 gol dalam 297 pertandingan untuk Liverpool.

Foto/Liverpool

Owen kemudian meninggalkan Liverpool pada 2004 untuk bergabung dengan Real Madrid karena ia terpesona oleh Los Blancos. Dia juga menikmati bisa bermain bersama Zinedine Zidane dan Ronaldo de Lima.

Hanya saja, masa tinggalnya di Madrid hanya berlangsung satu tahun. Owen kembali ke Liga Premier bersama Newcastle. Reputasi Owen di kalangan penggemar Liverpool semakin rusak ketika ia pindah ke Manchester United pada tahun 2009.

1. Georginio Wijnaldum

Pemain asal Belanda ini meninggalkan Liverpool menuju PSG pergi dengan status bebas transfer pada transfer musim panas 2021. Hanya saja, belum mampu mendapat tempat utama di dalam skuad Mauricio Pochettino. Kabar lainnya, dia tak mendapat tempat dengan Lionel Messi beserta gengnya yang berasal dari Argentina.

Foto/Liverpool

Gelandang box-to-box itu sebenarnya menikmati lima tahun yang sukses di Liverpool. Dia memenangkan Liga Inggris dan Liga Champions. Dia jarang melewatkan pertandingan untuk The Reds karena cedera.

Namun, Wijnaldum menginginkan kontrak baru, yang tak didapatnya oleh pemilik Liverpool karena pria Belanda itu berusia di atas 30 tahun. Akibatnya, Wijnaldum pergi dengan status bebas transfer untuk mencari gaji yang lebih baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini