5 Fakta Unik Elkan Baggott, Nomor 1 Pernah Tak Penuhi Panggilan Timnas Indonesia

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 51 2507811 5-fakta-unik-elkan-baggott-nomor-1-pernah-tak-penuhi-panggilan-timnas-indonesia-C5nnBbrfFD.jpg Ini lima fakta menarik Elkan Baggott (Foto: Instagram/@elkanbaggott)

5 fakta unik Elkan Baggott akan dibahas Okezone. Pemain berdarah Inggris-Indonesia itu menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir karena penampilan apiknya saat Tim Nasional (Timnas) Indonesia kalah tipis 0-1 dari Afghanistan dalam laga uji coba di Turki.

Sayang, Elkan tidak bisa menyelesaikan pertandingan itu karena cedera pada kepalanya. Bek tengah itu pun diharapkan lekas pulih karena tenaganya amat dibutuhkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Selain kehebatan di lapangan, ada beberapa fakta unik tentang Elkan Baggott yang menarik untuk dibahas. Berikut lima fakta unik Elkan.

BACA JUGA: Keren! Debut Elkan Baggott Bareng Timnas Indonesia Dipuji Media Inggris

5. Elkan Baggott Pernah Tinggal di Bintaro

5 Fakta Unik Elkan Baggott

(Elkan Baggott pernah tinggal di Bintaro, Tangerang Selatan, foto: Ipswich Town)

Elkan lahir di Bangkok, Thailand, 23 Oktober 2002. Dia memiliki darah Indonesia dari sang ibu, sedangkan ayahnya asli Inggris. Karena sang ibu berasal dari Indonesia, Elkan pun pernah tinggal di Tanah Air selama beberapa tahun sewaktu kecil, tepatnya Bintaro, Tangerang Selatan.

Dia bahkan pernah bersekolah di British School of Jakarta hingga 2008. Selanjutnya, Elkan pindah ke Inggris dan mendapatkan beasiswa Professional Development Phase Scholarship selama dua tahun.

4. Elkan Baggott Aset Masa Depan Ipswich Town

5 Fakta Unik Elkan Baggott

(Kemampuan Elkan Baggott di Ipswish Town tuai pujian, foto: Istimewa)

Elkan kini bermain untuk klub kasta ketiga Inggris, Ipswich Town. Pemain 19 tahun itu mungkin belum main reguler di tim utama Ipswich Town, tetapi kemampuannya telah diakui.

Mantan Pelatih Ipswich Town, Paul Lambert, pernah melayangkan pujian pada kemampuan Elkan saat pemain Indonesia itu debut di Trofi EFL 2020-2021. Selain Lambert, mantan rekan setim Elkan, Jack Lankester, juga memuji penampilan Elkan.

3. Elkan Baggott Terkenal di Media Sosial

5 Fakta Unik Elkan Baggott

(Elkan Baggott terkenal di media sosial, foto: MPI/Cikal Bintang)

Elkan merupakan talenta muda yang baru meniti karier sepakbola. Akan tetapi, dia memiliki banyak pengikut di instagram.

Instagram Elkan (@elkanbaggott) kini memiliki 182 ribu pengikut. Media ternama di Inggris, The Sun, pun heran dengan popularitas Elkan karena dia kurang begitu dikenal di Negeri Ratu Elizabeth.

2. Elkan Baggott Baru Punya KTP Indonesia

5 Fakta Unik Elkan Baggott

(Elkan Baggott belum lama punya KTP Indonesia, foto: MPI/Cikal Bintang)

Elkan baru saja mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia pada 9 November 2021. Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, turut senang karena talenta muda itu memilih untuk membela Timnas Indonesia ketimbang Thailand atau Inggris.

1. Elkan Baggott Sempat Tidak Penuhi Panggilan Timnas Indonesia

5 Fakta Unik Elkan Baggott

(Elkan Baggott sempat tidak penuhi panggilan Timnas Indonesia, foto: MPI/Cikal Bintang)

Elkan sempat tidak memenuhi panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia beberapa waktu lalu. Hal itu pun menimbulkan kontroversi di Tanah Air.

Namun, Elkan telah menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada PSSI pada akhir Oktober 2021. Permintaan maaf itu disampaikan melalui surat yang ditujukan kepada PSSI.

"Sebelumnya, saya meminta maaf, semoga Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) mengerti alasannya saya (tidak memenuhi panggilan Timnas Indonesia sebelumnya). Saat ini, saya siap memberikan segalanya untuk Timnas Indonesia demi mencapai tempat (target) yang seharusnya," kata Elkan Baggott, dikutip dari laman resmi PSSI.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini