Jordi Amat Oke, PSSI Konfirmasi 3 Pemain Keturunan Siap Bela Timnas Indonesia

Furqon Al Fauzi, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 51 2507372 jordi-amat-oke-pssi-konfirmasi-3-pemain-keturunan-siap-bela-timnas-indonesia-DQAOU22r1a.jpg Jordi Amat siap bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@jordiamat5)

KOMITE Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, mengonfirmasi Jordi Amat siap membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Hal itu berarti sudah tiga pemain keturunan yang menyatakan kesiapan membela skuad Garuda.

Sebelumnya, Hasani Abdulgani mengatakan Sandy Walsh dan Mees Hilgers sudah siap memperkuat Timnas Indonesia. Tentu, ini merupakan kabar membahagiakan bagi pencinta sepakbola Tanah Air.

Jordi Amat

(Jordi Amat (kanan) siap bela Timnas Indonesia)

"Untuk Jordi (Amat) dan Kevin (Diks), agennya ini bilang mau bicara dulu sama pemainnya. Itu pembicaraan terakhir sama teman saya itu. Tapi kemarin itu ternyata Jordi itu sudah kirim dokumen-dokumen, seperti surat keinginan untuk menjadi warga negara Indonesia ke PSSI," kata Hasani kepada Sporstars.id.

"Dengan kata lain Jordi artinya sudah oke dong. Sekarang nanti jika semuanya sudah oke tinggal kita lihat dokumentasinya. Kalau dokumennya tidak ada masalah kita dari federasi bisa cepat. Jadi kondisi hari ini saya bisa katakan sudah tiga pemain siap bela Timnas Indonesia,"Hasani menambahkan.

Sekadar informasi, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengajukan empat nama pemain keturunan kepada PSSI untuk dinaturalisasi. Mereka ialah Mees Hilgers, Kevin Diks, Jordi Amat dan Sandy Walsh.

BACA JUGA: Deretan Kemenangan Timnas Indonesia atas Myanmar di Piala AFF, Salah Satunya Pesta Gol 5-0

Uniknya, keempat nama di atas beroperasi sebagai pemain belakang. Hal itu berarti, fokus pembenahan juru taktik asal Korea Selatan itu ada di lini pertahanan.

Hanya saja, Jordi Amat dan kawan-kawan belum bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Alasannya karena proses pengumpulan dokumen hingga pengajuan proses naturalisasi membutuhkan waktu yang panjang.

Sandy Walsh

(Sandy Walsh siap bela Timnas Indonesia)

Kelar Piala AFF 2020, ajang terbesar Timnas Indonesia adalah Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada 8-14 Juni 2022. Sejauh ini belum diketahui siapa lawan Timnas Indonesia dan lokasi pertandingan.

Bukan tak mungkin, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia 2023. Jika menjadi tuan rumah dan diperkuat nama-nama pemain keturunan di atas, Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di Uzbekistan.

Andai lolos ke Piala Asia 2023, ini merupakan yang pertama bagi Timnas Indonesia dalam 16 tahun terakhir. Terakhir kali Timnas Indonesia tampil di ajang empat tahunan ini pada Piala Asia 2007 yang digelar di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini