Comeback Atas PSG, Man City Lolos 16 Besar Liga Champions 2021-2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 04:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 261 2507022 comeback-atas-psg-man-city-lolos-16-besar-liga-champions-2021-2022-qbdKWTsEpA.jpg Gabriel Jesus merayakan gol ke gawang PSG. (Foto/Reuters)

MANCHESTER - Manchester City berhasil bangkit saat melawan Paris Saint-Germain (PSG) pada laga kelima Grup A Liga Champions 2021-2022. The Citizens tertinggal lebih dulu lewat gol Kylian Mbappe, namun berhasil comeback melalui Raheem Sterling dan Gabriel Jesus.

Berkat kemenangan ini, Manchester City lolos ke 16 besar Liga Champions 2021-2022 dengan status juara Grup A, tepatnya dengan koleksi 12 angka. Sementara PSG, meski kalah skuad asuhan Mauricio Pochettino juga lolos ke 16 besar Liga Champions 2021-2022 lewat status runner-up.

Jalannya Pertandingan 

Babak Pertama 

Babak pertama baru berjalan enam menit, PSG sudah nyaris kebobolan lewat tandukan Rodri. Beruntung, Presnel Kimpembe berada di posisi yang tepat untuk menyelamatkan bola di garis gawang. 

Kemudian, bola liar yang dibuang oleh Kimpembe disambut oleh tendangan Riyad Mahrez. Namun, sepakan pemain asal Aljazair itu hanya mengenai jaring luar gawang. 

Pada menit 17, Nuno Mendes dan Neymar Jr melakukan kerja sama apik dan berhasil membongkar pertahanan Man City. Lalu, sang bintang asal Brasil itu melepaskan tendangan, tapi mengarah tepat ke pelukan kiper Manchester City, Ederson Moraes.

 Foto/Reuters

Dua menit kemudian, Kimpembe kembali membuat penyelamatan gemilang. Kali ini bola tandukan Ruben Dias yang menyambut sepak pojok dan tinggal masuk ke gawang berhasil dihalau lagi olehnya. 

Terus menekan, The Citizens -julukan Man City- nyaris membuka keunggulan lewat Raheem Sterling pada menit 22. Tapi sayang, umpan terobosan Oleksandr Zinchenko yang diselesaikan dengan tendangan kerasnya masih bisa ditepis oleh Keylor Navas. 

Tak mau kalah, PSG juga melancarkan serangan dan mengancam gawang Man City pada menit 27. Akan tetapi, tendangan mendatar yang dilesatkan Nuno Mendes masih terlalu lemah sehingga Ederson bisa menangkapnya dengan mudah. 

Pada menit 33, Ilkay Gundogan hampir saja membuat tim tuan rumah unggul. Dia melepaskan tendangan keras di dalam kotak penalti usai mendapat umpan tarik dari Bernardo Silva. Sialnya, bola keras yang dilesatkannya malah membentur tiang gawang. 

 Kylian Mbappe mendapatkan peluang jelang babak pertama berakhir dengan memanfaatkan kesalahan di barisan belakang Man City. Namun, tendangannya malah melambung di atas mistar gawang padahal dia tinggal berhadapan dengan Ederson. Alhasil, skor kacamata pun tetap bertahan di 45 menit pertama. 

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, Man City tidak mengendurkan serangan. Mereka langsung mendapatkan peluang saat paruh kedua berjalan dua menit lewat tendangan Gundogan tapi bisa diselamatkan oleh Navas. 

Keasyikan menyerang, The Citizens malah kebobolan pada menit 50 oleh Mbappe. Pemain asal Prancis itu menyelesaikan kerja sama apik Messi dan Ander Herrera dengan menempatkan bola di antara dua kaki Ederson sehingga membuat PSG unggul satu gol.

Foto/Reuters 

Pada menit 61, Mahrez nyaris memecah kebuntuan Man City. Namun, tendangannya dari jarak dekat bisa ditepis oleh Navas. 

Terus menekan, juara Liga Inggris itu akhirnya mampu menyamakan kedudukan dua menit kemudian. Umpan silang Kyle Walker yang dibelokkan sedikit oleh Gabriel Jesus berhasil dijangkau oleh Raheem Sterling dan bola pun masuk ke pojok bawah kiri gawang. 

Lima belas menit jelang waktu normal usai, Neymar mendapatkan peluang emas untuk membawa PSG unggul. Namun, penyelesaian buruknya membuat bola hanya melebar di samping gawang padahal dia sudah berhadapan langsung dengan Ederson.

Pada menit 76, justru The Citizens berbalik unggul lewat gol yang diciptakan Jesus. Pemain asal Brasil itu dengan tenang menyelesaikan umpan tarik Silva di mulut gawang PSG dengan sepakannya yang tidak terlalu keras.

Di 10 menit terakhir pertandingan, PSG dibuat frustrasi dengan penguasaan bola yang diterapkan Man City. Lalu, pasukan Manchester biru juga memperlambat tempo permainan untuk mempertahankan keunggulan.

Alhasil, hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol lagi yang tercipta. Man City pun mengunci kemenangan 2-1 atas PSG di Etihad Stadium.

Susunan Pemain:

MANCHESTER CITY (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Joao Cancelo; Ilkay Gundogan, Rodri, Oleksandr Zinchenko; Riyad Mahrez, Bernardo Silva, Raheem Sterling.

Cadangan: Zack Steffen, Scott Carson, Nathan Ake, Gabriel Jesus, Aymeric Laporte, Fernandinho, Cole Palmer, James McAtee.

Pelatih: Josep Guardiola

PSG (4-3-3): Keylor Navas; Achraf Hakimi, Marquinhos, Presnel Kimpembe, Nuno Mendes; Leandro Paredes, Ander Herrera, Idrissa Gueye; Lionel Messi, Kylian Mbappe, Neymar.

Cadangan: Denis Franchi, Gianluigi Donnarumma, Sergio Ramos, Marco Verratti, Mauro Icardi, Angel di Maria, Danilo Pereira, Colin Dagba, Georginio Wijnaldum, Abdou Diallo, Thilo Kehrer, Eric Ebimbe.

Pelatih: Mauricio Pochettino

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini