Bungkam Shakhtar Donetsk 2-0, Inter Milan Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2021-2022

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 02:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 261 2507018 bungkam-shakhtar-donetsk-2-0-inter-milan-lolos-ke-16-besar-liga-champions-2021-2022-AKhvyrf68L.jpg Edin Dzeko merayakan gol ke gawang Shakhtar Donetsk. (Foto/Reuters)

MILAN - Inter Milan lolos ke babak 16 Besar Liga Champions 2021-2022 usai meraih kemenangan dengan skor 2-0 pada laga kelima Liga Champions 2021-2022. Laga berlangsung di Stadion Giuseppe Meazza, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB.

Edin Dzeko menjadi bintang pada laga tersebut. Dia mencetak dua gol penting untuk membawa Inter Milan menembus babak fase gugur

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama 

Inter langsung tampil menyerang sejak awal babak pertama. Mereka mendapatkan peluang pada menit kedua lewat tendangan voli Marcelo Brozovic namun masih melambung di atas mistar gawang. 

Pada menit 11, Nicolo Barella nyaris membuka papan skor usai menerima umpan tarik dari Ivan Perisic. Namun karena kehilangan tumpuannya, pemain asal Italia itu tidak bisa melepaskan tendangan dengan baik dan bola pun melebar di sisi gawang. 

Sepuluh menit kemudian, Martinez punya dua peluang untuk mencetak gol. Tetapi, peluang pertamanya berhasil diblok dan bola liar yang disambutnya kembali membentur pemain lawan dan hanya menghasilkan sepak pojok.

 Foto/Reuters

Saat laga berjalan 24 menit, Inter berhasil memecah kebuntuan. Namun sayang, gol yang yang dicetak oleh Perisic dianulir oleh wasit karena Matteo Darmian yang memberi umpan padanya terlebih dahulu berada di posisi offside. 

Setelah itu, Shakhtar berusaha keluar dari tekanan Nerazzurri. Mereka pun mendapatkan peluang pada menit 33 lewat tendangan melengkung Fernando namun masih belum tepat sasaran. 

Pada sepuluh menit akhir paruh pertama, kedua tim punya beberapa peluang untuk mencetak gol tapi tidak ada yang membuahkan hasil. Alhasil, skor kacamata tetap bertahan hingga turun minum. 

Babak Kedua 

Usai turun minum tepatnya di menit 54, Martinez terlibat insiden yang membuatnya ngotot meminta hadiah penalti dari wasit. Pemain asal Argentina itu merasa didorong oleh Dodo di kotak terlarang. Namun, setelah melihat tayangan VAR, wasit memutuskan bahwa itu bukanlah sebuah pelanggaran.

Pada menit 57, gol Inter lagi-lagi dianulir oleh wasit. Pasalnya, Martinez yang melesatkan tendangan voli dianggap mendorong Mykola Matviyenko untuk mendapatkan ruang menembak.

Akan tetapi, empat menit kemudian Dzeko berhasil memecah kebuntuan. Pemain asal Bosnia itu memanfaatkan bola liar hasil tendangan Darmian untuk menempatkan bola ke sudut bawah gawang. Alhasil, Inter pun memimpin 1-0.

 Foto/Reuters

Terus menekan, Nerazzurri memperlebar keunggulan pada menit 67. Adahal Dzeko yang mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya usai mendapatkan umpan silang dari Perisic. Dia menyelesaikannya dengan sontekan dari jarak dekat gagal dihalau oleh Trubin dan bola pun masuk dengan mudah ke dalam gawang.

Tak mau kalah, Shakhtar mencoba untuk membangun serangan lewat bola-bola pendek. Namun, solidnya lini tengah Inter membuat mereka kesulitan untuk masuk ke pertahanan terakhir.

 ak menyerah, usaha tim tamu untuk memperkecil ketertinggalan nyaris tercapai pada menit 83. Sialnya, Mykhailo Mudryk yang menendang bola dari jarak yang sangat dekat dengan gawang tidak bisa menyelesaikan umpan manis dari Dodo dengan baik. Bola pun hanya melebar di samping gawang.

Saat waktu normal menyisakan lima menit, Inter menurunkan tempo permainan. Mereka lebih banyak melakukan penguasaan bola untuk mempertahankan keunggulan. Alhasil, hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol lagi yang tercipta, Inter pun mengunci kemenangan dengan skor 2-0.

Susunan Pemain:

Inter Milan (3-5-2): Samir Handanovic; Milan Skriniar, Andrea Ranocchia, Alessandro Bastoni; Matteo Darmian, Nicolo Barella, Marcelo Brozovic, Hakan Calhanoglu, Ivan Perisic; Edin Dzeko, Lautaro Martínez.

Cadangan: Denzel Dumfries, Roberto Gagliardini, Federico Dimarco, Arturo Vidal, Aleksandar Kolarov, Stefano Sensi, Joaquin Correa, Matías Vecino, Ionut Radu, Alex Cordaz, Danilo D'Ambrosio.

Pelatih: Simone Inzaghi 

Shakhtar Donetsk (4-3-2-1): Anatolii Trubin; Dodo, Vitao, Marlon Santos, Mykola Matvyenko; Mateus Tete, Taras Stepanenko, Maycon; Pedrinho, Manor Solomon; Fernando 

Cadangan: Valerii Bondar, Danylo Sikan, Sergey Krivtsov, Yevhen Konoplyanka, Marlos Bonfim, Andriy Pyatov, Yukhym Konoplia, Mykhailo Mudryk, Oleksiy Shevchenko, Artem Bondarenko, Marcos Antonio, Viktor Korniienko.

Pelatih: Roberto De Zerbi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini