Tak Mau Kejadian Marc Klok Terulang, Ketum PSSI Mau Proses Naturalisasi Sandy Walsh Cs Berjalan Lancar

Tino Satrio, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 51 2506596 tak-mau-kejadian-mark-klok-terulang-ketum-pssi-mau-proses-naturalisasi-sandy-walsh-cs-berjalan-lancar-XrL3pqt5qy.jpeg Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. (Foto: Laman resmi PSSI)

JAKARTA - Saat ini PSSI sedang mengajukan sejumlah pemain berdarah Indonesiaa untuk dinaturalisasi agar bisa memperkuat Tim Nasional (Timnas). Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan mau semua proses naturalisasi itu berjalan lancar dan untuk itulah ia pun tidak mau terburu-buru.

Iriawan tampaknya kapok kejadian naturalisasi Mark Klok terulang lagi. Untuk itulah ia meminta kepada pencinta sepakbola Tanah Air untuk bisa bersabar lagi melihat Sandy Walsh dan tiga pemain berdarah Tanah Air bisa menjadi Warga Negara Indonesia.

Pasalnya sebagai mana yang diketahui, Klok yang kini menjadi gelandang andalan Persib Bandung itu masih belum bisa membela Timnas Indonesia. Menurut Iriawan, pemain kelahiran Belanda itu belum bisa membuktikan garis keturunan dari darah silsilah keluarganya.

Baca Juga: Mochamad Iriawan Tegaskan Komitmen PSSI untuk Berantas Pengaturan Skor

Sandy Walsh

Maka dari itu, pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut ingin memastikan terlebih dahulu garis keturunan dari Sandy Walsh, Mees Hilgers, Kevin Diks, dan Jordi Amat. Ya, penelusuran tersebut memanglah penting agar naturalisasi yang dilakukan tak sia-sia.

"Mohon sabar, kita juga menunggu (proses naturalisasi). Kita juga harus betul-betul yakinkan apakah mereka betul-betul keturunan Indonesia," kata Iriawan dalam konferensi pers di kantor PSSI, Jakarta pada Selasa (23/11/2021).

"Jangan seperti Marc Klok tiba-tiba sampai sini gak ada silsilah garisnya (keturunan) dari orang tuanya, nenenya dan lain sebagainya. Saya pasti ingin lebih cepat lebih baik, mohon sabar," sambungnya.

Iriawan juga menyebut telah membentuk tim khusus untuk proses naturalisasi keempat pemain tersebut. Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani ditunjuk untuk menangani proses tersebut.

Jordi Amat

"Semua sedang dalam proses. Kami sudah tunjuk Exco Hasani Abdulgani untuk tangani proses tersebut. Dia bicara dengan agennya. Mohon sabar," imbuhnya.

Tentunya banyak yang berharap proses naturalisasi itu bisa selesai sebelum Piala AFF 2020 digelar pada awal Desember 2021 mendatang. Pasalnya keempat pemain keturunan Indonesia itu dipanggil untuk memperkuat skuad Shin Tae-yong dalam menghadapi Piala AFF 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini