Begini Respons Guardiola soal Pochettino Gantikan Solskjaer di Man United

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 45 2506463 begini-respons-guardiola-soal-pochettino-gantikan-solskjaer-di-man-united-KgdR8UF2ns.jpg Mauricio Pochettino kini melatih PSG. (Foto/Reuters)

MANCHESTER – Pelatih Mancester City, Pep Guardiola, mengomentari pemecatan rumor Mauricio Pochettino yang digadang menjadi pengganti Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. Juru taktik asal Spanyol itu menilai Pochettino merupakan pelatih top meski sepi gelar.

Solskjaer didepak Man United setelah timnya kalah dari Watford pada pekan ke-12 Liga Inggris. Setan Merah kalah telah dengan skor akhir 4-1 di Stadion Virage Road, Sabtu (20/11/2021).

Foto/Reuters

Kekalahan itu membuat posisi Setan Merah semakin menjauh dari peluang untuk menjadi juara Liga Inggris musim ini. Man United berada di posisi ke-8 dengan 17 poin, hasil lima kemenangan, dua imbang dan lima kekalahan.

Baca juga: Solskjaer Dipecat Man United, Ibrahimovic Mengecam

Setelah kalah dari Watford, para direksi Man United melakukan rapat dadakan. Hasilnya, Solskjaer didepak dari Old Trafford.

Baca juga: Jurgen Klopp Malas Komentari Pemecatan Solskjaer oleh Man United

Sejak saat itu sejumlah nama-nama pelatih besar dikaitkan akan melatih Setan Merah. Salah satunya adalah Pochettino yang kini melatih Paris Saint-Germain (PSG).

Kabar ini pun disambut baik oleh Guardiola. Ia melihat potensi besar bila Pochettino melatih tim sekelas Man United.

“Ya, Anda bisa menjadi manajer top tanpa gelar, tentu saja,” kata Guardiola dikutip laman Mirror, Selasa (23/11/2021)

“Para pelatih yang memiliki peluang untuk memenangkan gelar berada di puncak, klub papan atas, dengan investasi bagus dan pemain luar biasa. Kalau tidak, tidak mungkin menang,” lanjut dia.

“Itu tidak berarti para pelatih di luar enam besar (klub besar Inggris), tidak bisa menjadi pelatih yang sangat baik dalam taktik, dan komunikasi, memimpin tim, dan sebagai manusia. Jadi tidak perlu memenangkan gelar untuk menjadi pelatih top,” lanjutnya. 

Guardiola pun melihat bahwa tentu ada perbedaan ketika Pochettino melatih untuk Tottenham beberapa musim lalu dibanding jika benar melatih Man United di masa depan.

Foto/Reuters

“Pemain baru, pengaturan manajemen baru, situasinya berbeda, sangat berbeda dengan Tottenham ketika dia (Pochettino) ada di sana (Manchester United),” ucapnya.

"Tapi saya cukup yakin para pelatih menjadi lebih baik setiap tahun. Setiap musim yang kami lalui, Anda harus banyak belajar setiap musim, saya cukup yakin dia adalah pelatih yang luar biasa,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Pochettino baru meraih dua trofi selama kariernya sebegai pelatih. Dia memenangkan Piala Prancis Piala Super Prancis bersama PSG pada musim 2020-2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini