Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Harus Waspadai 3 Pemain Malaysia Ini

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 22 November 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 51 2505605 piala-aff-2020-timnas-indonesia-harus-waspadai-3-pemain-malaysia-ini-CLdkjcrFyL.jpg Timnas Malaysia saat berlatih. (FAM)

PETALING JAYA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi Timnas Malaysia pada Piala AFF 2020 Desember mendatang. Skuad Garuda harus mewaspadai setidaknya tiga pemain dari negara jiran tersebut.

Menjelang turnamen, pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe mengatakan bahwa timnya memiliki skuad yang seimbang dengan memadukan pemain muda dan senior. Kata dia, tiga pemain berpengalaman tersebut akan mementori para pemain muda di skuad Harimau Malaya.

Baca juga: Media Vietnam Sebut Negaranya Sulit Juara AFF 2020: Timnas Indonesia Lebih Berambisi

“Kalau dilihat secara keseluruhan, saya merasa yakin. Kami memiliki banyak pemain senior seperti Aidil Zafuan, Khairul Fahmi dan Baddrol Bachtiar yang bisa membimbing pemain muda untuk mengharumkan nama negara, dan mengharumkan nama mereka sendiri,” kata Cheng dilansir laman resmi Piala AFF, Senin (22/11/2021).

Foto/Twitter

Ketiga nama tersebut merupakan pemain-pemain berpengalaman yang berpotensi membahayakan Tim Garuda. Ketiganya memiliki caps Timnas yang cukup banyak.

Baca juga: Timnas Indonesia vs Timnas Myanmar: Ini yang Jadi Andalan Shin Tae-yong

Zafuan yang berposisi sebagai bek tengah sudah tampil sebanyak 52 kali untuk Malaysia. Kiper berusia 34 tahun itu tampil tujuh kali dan mencatat tiga kali cleansheet pada gelaran Piala AFF 2018.

Fahmi pernah menjadi momok menakutkan bagi lini depan Indonesia di ajang Piala AFF 2010. Pemain berjuluk Spiderman dari Malaysia itu merupakan pemain yang cukup disegani di Liga Malaysia.

Fahmi mendapatkan titel Pemain Muda Terbaik dan Kiper Terbaik oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) pada 2010. Kini, pemain berusia 32 tahun itu akan menjadi palang pintu di di bawah mistar gawang Malaysia. 

Sementara Baddrol adalah pemain yang disegani di Liga Malaysia. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu membantu Malaysia ke final Piala AFF 2014, meski dikalahkan Thailand pada partai puncak.

Foto/PSSI

Cheng pun percaya diri bisa berbicara banyak di Piala AFF edisi tahun ini. Dirinya mengaku bahwa timnya sudah sangat siap menyambut kompetisi antar negara paling prestisius di Asia Tenggara itu.

“Kami optimistis bisa tampil bagus di Piala AFF” tutupnya.

Pada Piala AFF 2020, Vietnam tergabung berada di grup B Piala AFF 2020 bersama Indonesia, Malaysia, dan Kamboja. Turnamen berlangsung 5 Desember-1 Januari dan terpusat di Singapura.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini