Penyebab 4 Pemain Keturunan Gagal Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 51 2504908 penyebab-4-pemain-keturunan-gagal-bela-timnas-indonesia-di-piala-aff-2020-Dbf72QZZzl.jpg Mees Hilgers gagal bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto: Instagram/@meeshilgers).

ANGGOTA Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, pesimistis empat pemain keturunan yang diajukan Shin Tae-yong dapat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Penyebabnya karena mepetnya proses naturalisasi dengan penyelenggaraan Piala AFF 2020 yang mulai berlangsung Minggu, 5 Desember 2021.

“Kami tidak target ke Piala AFF,” kata Hasani Abdulgani saat ditanya tim MNC Portal Indonesia, apakah empat pemain keturunan dapat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 atau tidak, Sabtu (20/11/2021).

Jordi Amat

(Jordi Amat, salah satu pemain yang ingin dinaturalisasi)

Sekadar informasi, Shin Tae-yong mengajukan empat nama kepada PSSI untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Mereka ialah Kevin Diks (FC Copenhagen), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (KAS  Eupen) dan Mees Hilgers (FC Twente).

PSSI pun serius menuruti permintaan Shin Tae-yong. Induk organisasi sepakbola Indonesia ini bahkan sampai memakai jasa agen ternama dari Eropa, AIST Sport, untuk berkomunikasi dengan agen pemain-pemain di atas.

“Kami baru membuka pembicaraan ke agennya. Kita harus pelajari dulu dokumen mereka,” lanjut Hasani Abdulgani

BACA JUGA: Peluang 4 Pemain Keturunan Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kecil, Shin Tae-yong Panggil Ilija Spasojevic?

“Sejauh ini belum ada informasi balik dari mereka (agen). Kami juga mencari tau dokumen lainnya, apakah mereka ada pelanggaran secara aturan yang ditetapkan FIFA atau tidak,” kata Hasani Abdulgani.

Karena itu, Kevin Diks dan kawan-kawan dipastikan absen di Piala AFF 2020. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, otomatis harus memanfaatkan skuad yang ada saat ini.

Ilija Spasojevic

(Ilija Spasojevic dipanggil Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020?)

Juru taktik asal Korea Selatan ini memiliki empat slot tersisa yang bisa dimaksimalkan untuk dibawa ke Piala AFF 2020. Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah Shin Tae-yong berpikir untuk memanggil penyerang Bali United, Ilija Spasojevic?

Timnas Indonesia dalam posisi darurat membutuhkan penyerang tajam dan itu dapat ditemukan dalam diri Ilija Spasojevic. Bagaimana tidak, dalam 12 penampilan bersama Bali United, Ilija Spasojevic mengemas Sembilan gol!

Koleksi itu membuat Ilija Spasojevic untuk sementara duduk sebagai runner-up top skor Liga 1 2021-2022. Karena itu, menarik menanti siapa saja empat pemain pengisi empat slot tersisa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini