Jadi Venue Pertandingan Real Madrid dan Barcelona, Pembangunan Jakarta International Stadium Dikebut

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 51 2504360 jadi-venue-pertandingan-real-madrid-dan-barcelona-pembangunan-jakarta-international-stadium-dikebut-mxFHD9RjLF.jpg Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi tuan rumah International Youth Championship 2021. (Foto: Instagram/jakintstadium)

JAKARTA - Jakarta International Stadium (JIS) resmi menjadi venue final turnamen International Youth Championship (IYC) 2021. Ajang yang akan diikuti oleh Real Madrid U-18, Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, dan Indonesia All Star itu pun membuat pembangunan JIS semakin dikebut.

Sebagaimana diketahui, JIS akan menggelar babak final dan perebutan tempat ketiga turnamen IYC 2021 pada 11 Desember 2021 mendatang. Namun sebelumnya, ajang tahunan ini dimulai lebih dulu di Bali.

Tepatnya pada 4-8 Desember 2021 IYC 2021 masih berupa fase grup. Di mana ada 4 tim besar yang tahun ini akan diundang. Mereka adalah Real Madrid U18, Barcelona U18, Atletico Madrid U18, dan Indonesia All Star.

Baca Juga: Jelang International Youth Championship 2021, Tengok Kembali Prestasi Indonesia di Edisi 2019

Rumput di JIS sudah ditanam. Instagram/jakintstadium

Mereka memulai fase grup itu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Kemudian pada 9 Desember mereka terbang ke Jakarta untuk memainkan partai final di stadion yang kini masih dalam tahap pembangunan.

Sebagaimana diketahui, JIS sejauh ini sudah menunjukkan progres signifikan dan hampir rampung. Per 13 November 2021 kemarin, berdasarkan pernyataan dari Direktur Utama PT Jakpro, Widi Amanasto, pembangunan JIS sudah mencapai 83,22 persen.

Terlihat juga di berbagai media sosial yakni fasilitas-fasilitas pendukung yang sudah terbangun/terpasang. Misalnya saja rumput hybrid yang telah tergelar di stadion utama, hingga bangku tribun penonton.

Kemudian pihak JIS tampaknya akan memenuhi target penyelesaian pembangunan stadion utama pada Desember 2021 mendatang dengan adanya kepastian turnamen IYC ini. Dengan itu, sisa pengerjaan konstruksi akan dikebut dan difokuskan pada beberapa lini.

“Pembangunan JIS akan difokuskan pada 5 lantai di zona barat stadion, 122 ruangan atau area yang akan digunakan pada saat event berlangsung. Kemudian juga, 7 jalur sirkulasi bagi tamu, penonton, hingga jalur darurat untuk ambulan, dan pemadam kebakaran,” ucap Widi dalam penyampaian laporan di konferensi pers pada Jumat (19/11/2021) kemarin.

Jakarta International Stadium. Instagram/@darisarch

JIS sendiri menjadi stadion megah di Indonesia yang memiliki luas hingga kurang lebih 23 hektar dan berkapasitas 82.000 penonton. Selain untuk pertandingan sepak bola, JIS juga bisa menggelar event hiburan seperti konser musik dll.

Selain itu, JIS juga akan dilengkapi fasilitas publik untuk akses para penonton seperti terminal bus transjakarta, pintu keluar Tol, hingga bandara terdekat. Ditargetkan keseluruhan kawasan JIS akan rampung pada Maret 2022 mendatang.

Menarik tentunya melihat stadion kebanggaan baru Indonesia, khususnya bagi warga Jakarta itu pada akhirnya akan rampung. Apalagi pembukaan stadion tersebut akan langsung menghadirkan pemain-pemain muda dari klub Raksasa Liga Spanyol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini