Persib Bandung vs Persija Jakarta: Robert Alberts Bocorkan Rahasia Belum Terkalahkan

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 49 2504570 persib-bandung-vs-persija-jakarta-robert-alberts-bocorkan-rahasia-belum-terkalahkan-xW3Wd6s6Nl.jpg Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Foto: Laman resmi Persib)

BANDUNG - Persib Bandung menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga 1 2021-2022 sejauh ini. Total dari 11 laga yang sudah Persib mainkan, tim asuhan Robert Rene Alberts itu sanggup melibas tujuh pertandingan dengan kemenangan dan sisanya berakhir imbang.

Hasil positif itu tentu jadi modal besar bagi Persib yang akan menghadapi Persija Jakarta dalam seri ketiga Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021) malam WIV. Skuad berjuluk'Maung Bandung itu bisa tampil impresif agar memperpanjang rekor. Apalagi, lawan yang dihadapi adalah musuh bebuyutan.

Namun, rekor tak terkalahkan itu bisa saja jadi beban bagi para pemain Persib. Sehingga, alih-alih tampil ganas, Persib malah terkapar oleh Persija yang hampir selalu tampil bagus saat melawan Maung Bandung.

Baca Juga: Persib Bandung vs Persija Jakarta: Supardi Nasir Tak Butuh Bantuan Wasit untuk Bungkam Macan Kemayoran

Persib Bandung

Situasi ini dipahami betul pelatih Persib Robert Alberts. Akan tetapi, dia punya cara sendiri agar para pemainnya bisa tampil lepas tanpa memikirkan rekor tak terkalahkan saat menghadapi Persija.

Saat menghadapi setiap laga, termasuk jelang duel kontra Persija, dia tak pernah menggaungkan rekor tak terkalahkan. Sebaliknya, rekor itu dilupakan setiap menjelang pertandingan.

Selama ini Robert selalu menerapkan hal tersebut. Sehingga Persib pun bermain tanpa beban hingga akhirnya selalu berhasil terhindar dari kekalahan.

"Fokus kita ke pemain adalah menatap satu pertandingan ke pertandingan berikutnya," kata Robert, Sabtu (20/11/2021).

Sebab, mengingatkan pemain akan rekor tak terkalahkan ibarat buah simalakama. Di satu sisi bisa jadi motivasi, di sisi lain bisa membunuh diri sendiri.

Robert Rene Alberts

"Kita tidak pernah menyatakan belum terkalahkan kepada pemain (menjelang pertandingan). Kita justru harus berjalan kontinyu. Setelah selesai melakukan satu pertandingan, kita melakukan persiapan dan fokus untuk pertandingan berikutnya," jelas Robert.

Dalam pertarungannya melawan Persija, Persib memiliki motivasi lebih untuk bisa menang atas rivalnya tersebut. Persib tetapnya ingin balas dendam atas dua kekalahan yang mereka terima di final Piala Menpora 2021 dari Persija.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini