Kompak, Resep Louis Van Gaal Buat Timnas Belanda Lolos ke Piala Dunia

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 03:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 51 2503193 kompak-resep-louis-van-gaal-buat-timnas-belanda-lolos-ke-piala-dunia-QrIZFh1WYb.jpg Louis van Gaal dalam laga Belanda vs Norwegia. (Foto/Reuters)

ROTTERDAM Tim Nasional (Timnas) Belanda berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Timnas Norwegia dengan skor 2-0. Selepas pertandingan, Louis van Gaal mengungkapkan resep suksesnya membawa De Oranje ke Qatar.

Pasukan Louis van Gaal kesulitan membongkar tim tamu pada laga yang berlangsung di Feyenoord Arena, Belanda pada Rabu (17/11/2021). Meski mendominasi, Tim Kincir Angin tak bisa menjebol gawang Norwegia.

Foto/Reuters

Baru pada menit ke-84 Stefan Bergwijn berhasil mengubah skor menjadi 1-0. Belanda menambah keunggulan pada menit tambahan lewat Memphis Depay.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Semalam: Prancis Menang, Belgia Seri, Belanda Lolos ke Qatar

Seusai pertandingan menjelaskan permainan anak asuhnya sangat yangberbeda saat ditahan imbang Montenegro. Dia menyebut kekompakan menjadi faktor penting Belanda bisa mengalahkan Norwegia.

Baca juga: Lionel Messi Tak Masalah Argentina Main Imbang Lawan Brasil

“Saya pikir kami mengendalikan permainan selama 90 menit. Anda telah melihat perbedaan dari hasil imbang 2-2 pada hari Sabtu di Montenegro. Kami bermain sangat kompak selama 90 menit,” kata Van Gaal usai pertandingan dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu (17/11/2021).

“Ini benar-benar minggu yang fantastis karena kami mengenal satu sama lain di saat-saat terendah, tetapi juga di saat-saat tertinggi. Saya benar-benar berpikir mereka menjalankan rencananya dengan cemerlang hari ini,” sambungnya.

Meski begitu, ia mengakui timnya kesulitan membongkar pertahanan Norwegia yang kelewat solid pada dua babak. Namun, ia mengatakan timnya terus berjuang hingga akhirnya mencetak gol di menit kritis.

Foto/Reuters

“Norwegia mungkin memiliki setengah peluang. Saya memberi selamat kepada mereka di babak pertama karena mereka menjalankan rencananya. Tetapi Anda harus bertahan selama 45 menit lagi setelah itu,” ucapnya.

Dengan kemenagan atas Norwegia, Belanda akhirnya berhasil kembali ke Piala Dunia setelah sempat absen pada tahun 2018. De Oranje memuncaki Grup G dengan 23 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini