Berpotensi Diperkuat 5 Pemain Naturalisasi di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Lewati Jumlah Singapura saat Juara pada 2004

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 51 2503132 berpotensi-diperkuat-5-pemain-naturalisasi-di-piala-aff-2020-timnas-indonesia-lewati-jumlah-singapura-saat-juara-pada-2004-KuEx7UNCQ9.jpg Sandy Walsh berpotensi jadi satu dari lima pemain naturalisasi yang bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia berpotensi diperkuat lima pemain naturalisasi di Piala AFF 2020. Sebanyak dua nama yang sudah dipastikan turun adalah Ezra Walian dan Victor Igbonefo.

Kemudian, tiga nama lain tengah diurus proses naturalisasinya adalah Kevin Diks, Sandy Walsh dan Jordi Amat. Ketiga nama ini harus melalui proses naturalisasi karena pernah membela Timnas kelompok umur negara lain.

Timnas Indonesia

(Sandy Walsh sedang diupayakan mendapat paspor Indonesia)

Sandy Walsh dan Kevin Diks pernah membela Timnas Belanda kelompok umur. Sementara Jordi Amat malang melintang bersama Timnas junior Spanyol. Bagaimana dengan Mees Hilgers yang juga dikaitkan dengan Timnas Indonesia?

Sama seperti Elkan Baggott, Mees Hilgers bisa dengan mudah mendapatkan paspor Indonesia. Sebab, bek 20 tahun ini belum pernah membela Timnas Belanda kelompok umur.

Selain Elkan Baggott, sebelumnya ada Irfan Bachdim yang lebih dulu mendapatkan paspor Indonesia tanpa harus melalui proses naturalisasi. Karena itu, Timnas Indonesia berpotensi diperkuat lima pemain naturalisasi di Piala AFF 2020, di luar Elkan Baggott dan Mees Hilgers.

BACA JUGA: 5 Penyebab Timnas Indonesia Kalah dari Afghanistan, Nomor 1 Hilangnya Pemain Keturunan

Ternyata, ini melebihi jumlah pemain naturalisasi yang digunakan Singapura saat juara Piala AFF 2004. Sekadar informasi, tren naturalisasi pertama kali dipopulerkan Singapura pada 2004.

Saat itu, Singapura di bawah racikan pelatih Radojko Avramovic membawa tiga pemain naturalisasi. Mereka ialah Daniel Bennett (bek, Inggris), Itimi Dickson (winger, Nigeria) dan Agu Casmir (penyerang, Nigeria).

Daniel Bennett

(Daniel Bennett saat perkuat Timnas Singapura)

Kehadiran nama-nama di atas mendongkrak performa The Lions –julukan Singapura. Terbukti, Timnas Singapura keluar sebagai juara Piala AFF 2004 setelah di final menang agregat 5-2 atas Timnas Indonesia.

Tren di atas pun diikuti sejumlah negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Filipina hingga Indonesia. Hanya saja, sejauh ini pemain yang dibantu naturalisasinya oleh PSSI belum pernah memberikan trofi bagi Timnas Indonesia.

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika Kevin Diks dan kawan-kawan dapat turun di Piala AFF 2020, sanggupkah mereka membawa Timnas Indonesia menjadi juara? Layak ditunggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini