Madura United vs Persita Tangerang, Rahmad Darmawan Fokus pada Mental Pemain Laskar Sape Kerap

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 49 2497370 madura-united-vs-persita-tangerang-rahmad-darmawan-fokus-pada-mental-pemain-laskar-sape-kerap-0ydhDQi4Bt.jpg Rahmad Darmawan fokus mental pemain Madura United jelang lawan Persita Tangerang. (Foto/Madura United)

MAGELANG Madura United akan melawan Persita Tangerang pada pekan ke-11 Liga 1 2021-2022 di Stadion Moch, Soebroto, Magelang, Sabtu (6/11/2021). Menjelang pertandingan, Rahmad Darmawan mengatakan bahwa dia fokus pada mental pemain laskar Sape Kerap.

Pada laga sebelumnya, Madura United kalah tragis dari Arema FC dengan skor 2-1. Mereka kalah karena gol di injuri time pemain Singo Edan, dan membuat Rafael Silva dan kolega terpukul.

Foto/Liga 1

Oleh sebab itu, RD—sapaan akrab Rahmad Darmawan ingin para pemainnya lekas bangkit. Persiapan jelang laga tersebut pun difokuskannya untuk memperbaiki mental pemain yang rusak akibat kekalahan menyesakkan tersebut.

Baca juga: Madura United vs Arema FC, Eduardo Almeida: Gol Kemenangan Singo Edan Bukan Keberuntungan

“Kemarin kita lebih berfokus pada motivasi pemain untuk bisa bangkit, laga terakhir sangat memukul mental kami, kami kehilangan poin di menit injury time, kami harus lupakan pertandingan sebelumnya. Saya berfokus pada bagaimana mentalitas pemain kami,” tutur RD pada jumpa pers jelang laga, Jumat (5/11/2021).

Baca juga: Arema FC vs Persebaya Surabaya, Bajul Ijo Kembali Diperkuat Pemain Timnas Indonesia

RD juga curhat soal dirinya yang kesulitan memahami kekuatan dan kelemahan pemain lawan. Menurutnya, Liga 1 musim ini berjalan sangat kompetitif, semua tim memiliki kualitas yang seimbang.

RD bahkan mengaku sudah mempelajari statistik lawan-lawannya, akan tetapi usahanya tidak mudah lantaran kekuatan tim-tim yang berkompetisi pada musim ini sangat merata.

Oleh karena itu, RD menyatakan bahwa pekerjaan rumahnya adalah fokus untuk menjaga mental pemain agar selalu siap menghadapi lawan-lawannya, meski perubahan di klasemen berlangsung sangat dinamis.

“Saya rasa peluang sangat terbuka untuk perubahan klasemen, sulit untuk melihat kekuatan lawan, tim yang berlaga sangat berimbang, perbedaan dari segi statistik tidak banyak. Terutama Persita, ini penting untuk madura menatap sisa seri ini. Fokus untuk menjaga motivasi pemain,” tutur RD.

Foto/Twitter

Pernyataannya bukan tanpa dasar, jika melihat tabel klasemen sementara, selisih poin memang sangat berdekatan satu sama lain. Posisi Madura United saja hanya berjarak empat poin dari zona degradasi.

Madura United kini berada di posisi ke-12, turun satu peringkat lantaran harus menelan kekalahan dari Arema. Mereka memiliki koleksi 11 poin, hasil dua kemenangan, lima hasil imbang dan tiga kekalahan.

Madura United diapit oleh dua tim yang memiliki perolehan poin sama dengan mereka, yakni PSS Sleman dan PSS Tira. Oleh karena itu, Madura United akan berjuang habis-habisan guna mengamankan nasib dari ancaman degradasi yang jaraknya juga berdekatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini