5 Alasan Xavi Hernandez Bakal Sukses di Barcelona, Nomor 1 Paling Utama

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 01 November 2021 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 46 2494703 5-alasan-xavi-hernandez-bakal-sukses-di-barcelona-nomor-1-paling-utama-zA04TT8AG4.jpg Xavi Hernandez segera jadi Pelatih Barcelona, Al-Sadd tak rela (Foto: Twitter/@FabrizioRomano)

BARCELONA mengincar sang legenda, Xavi Hernandez, untuk menjadi juru taktik selanjutnya usai memecat Ronald Koeman pada pekan lalu. Barcelona pun terus berkomunikasi dengan Xavi dan klubnya sekarang, Al-Sadd.

Wajar jika Barcelona ingin Xavi membesut timnya dalam waktu dekat. Xavi cukup sukses di Qatar bersama Al-Sadd dengan koleksi tujuh trofi dalam dua musim. Berikut lima alasan Xavi bakal sukses di Barcelona, melansir dari Sportskeeda, Senin (1/11/2021).

5. Kenal Dekat dengan Para Pemain Veteran Barcelona

Gerard Pique (Foto: Reuters)

Pergi dari Barcelona pada 2015 silam, beberapa rekan setim Xavi masih bermain dengan seragam Blaugrana hingga sekarang. Sebut saja, Gerard Pique, Jordi Alba, Sergio Busquets, dan Marc-Andre ter Stegen.

Hubungan baik dengan para pemain senior Barcelona akan mempermudah Xavi untuk beradaptasi dengan tim. Dia pun akan mendapatkan batuan dari mereka untuk menerjemahkan taktiknya di lapangan.

4. Lahir sebagai Pemimpin dan Paham Taktik

Xavi Hernandez (Foto: Instagram/@xavi)

Selama berkarier di Barcelona, Xavi menjadi jenderal lapangan tengah timnya. Kombinasi Xavi dengan Andres Iniesta dan Busquets membuat Barcelona amat mengerikan pada masanya. Dia terbiasa memimpin rekan-rekannya untuk dapat menguasai lebih banyak sesuai gaya main tiki-taka khas Barcelona.

Selain itu, Xavi juga memiliki pemahaman taktik yang luar biasa. Keberadaan Xavi seperti jaminan, bahwa Barcelona bisa mendominasi bola dengan luar biasa pada waktu itu. Dia diharapkan bisa mengembalikan gaya main Barcelona saat menjadi pelatih.

3. Barcelona Punya Banyak Talenta Muda Sekarang

Ansu Fati (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Xavi adalah jebolan akademi La Masia bersama beberapa legenda Barcelona lainnya. Dulu, dia bersama para pemain muda lainnya bisa menjadikan Barcelona tim yang ditakuti.

Xavi diharapkan bisa melakukan hal serupa bersama para pemain muda Barcelona sekarang. Sebagai pelatih, Xavi bisa membagikan pengalamanya kepada talenta-talenta muda Barcelona, seperti Ansu Fati, Pedri, dan Gavi, sehingga mereka bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

2. Punya Catatan Apik di Al-Sadd

Xavi Hernandez (Foto: Instagram/@xavi)

Al-Sadd adalah klub pertama Xavi sebagai Pelatih. Selama dua musim di Al-Sadd, Xavi membuat klub Qatar itu bermain mirip dengan Barcelona karena sama-sama mengandalkan operan-operan pendek untuk mendominasi penguasaan bola.

Xavi pun telah mendapatkan tujuh trofi bersama Al-Sadd, termasuk gelar juara Liga Qatar pada musim lalu. Level persaingan di Asia dan Eropa tentu saja berbeda, tetapi Xavi setidaknya punya modal cukup bagus untuk menjadi juru taktik Barcelona.

1. Barcelona DNA

Xavi Hernandez (Foto: Istimewa)

Xavi punya Barcelona DNA karena menimba ilmu di La Masia dan main cukup lama untuk Blaugrana. Hal itu membuat pria asal Spanyol itu paham Barcelona luar dan dalam. Xavi merupakan bagian dari era keemasan Barcelona yang sempat mendominasi Spanyol dan Eropa.

Dia pernah merasakan menjadi pemenang dan tahu bagaimana cara mempertahankan level permainan agar tetap di papan atas. Kini, dia diharapkan bisa melakukan hal serupa sebagai pelatih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini