Share

Hasil Kualifikasi Piala Asia U-23 2022: Timnas Malaysia dan Thailand Lolos ke Putaran Final, Vietnam Segera Menyusul

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Minggu 31 Oktober 2021 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 31 51 2494604 hasil-kualifikasi-piala-asia-u-23-2022-timnas-malaysia-dan-thailand-lolos-ke-putaran-final-vietnam-segera-menyusul-EDDwyaDcFG.jpg Timnas Malaysia U-23. (Foto: Twitter/@FAM_Malaysia)

HASIL Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 dapat diketahui dari artikel ini. Sebagaimana diketahui, sejumlah laga kembali digelar di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada hari ini. Dari hasil laga tersebut, sejumlah tim pun sudah memastikan diri lolos ke putaran final, salah satunya Timnas Malaysia.

Ya, sederet laga seru tersaji pada hari ini. Timnas Malaysia baru saja dihadapkan dengan Thailand pada laga ketiga kualifikasi Grup J Piala Asia U-23 2022.

Timnas Malaysia U-23

Laga itu digelar di MFF Football Center, Ulaanbaatar, Minggu (31/10/2021). Laga diketahui berakhir imbang 0-0. Meski begitu, Malaysia berhak memperoleh tiket berangkat ke Uzbekistan.

Harimau Muda -julukan Malaysia- menyusul Australia, Jepang, Kuwait, Uni Emirat Arab, dan tuan rumah Uzbekistan di kompetisi tertinggi sepakbola Benua Kuning level junior. Meski tidak ada gol, laga sendiri tetap berjalan seru.

Thailand yang menjalani partai wajib menang mendapat kesempatan melalui tendangan bebas saat laga baru berjalan empat menit. Suengchittawon yang dipercaya mengambil set piece tersebut menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

BACA JUGA: Malaysia Sebut Timnas Indonesia dan Vietnam Unggulan di Piala AFF 2020, Siap Jawab Pujian Skuad Garuda?

Setelah kejadian itu, Malaysia tampil dominan menguasai bola, tetapi baru bisa menciptakan peluang berbahaya pada menit 38. Umpan Lukman Hakim disambut Azhad Harraz Arman, tetapi tampaknya penggawa Malaysia harus menambah porsi latihan penyelesaian akhir jika ingin berbicara banyak di Uzbekistan.

BACA JUGA: Timnas Indonesia di Ambang Hadapi Uzbekistan, Thailand dan Malaysia di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Pada menit 63, Thailand hampir saja dipaksa menyerah lebih awal. Tandukan Harith Haikal yang berawal dari situasi sepak pojok membentur mistar gawang. Bola rebound yang jatuh ke kaki Nik Akif Syahiran masih gagal dikonversikan menjadi gol.

Tim berjuluk Gajah Muda tampil pantang menyerah. Akan tetapi, peluang terakhir dari Seungchittawon digagalkan penjaga gawang Muhammad Azri Ghani. Hasil ini membuat skor berakhir imbang 0-0.

Sementara itu, di laga lain pada Grup J, drama lima gol tersaji kala Laos menghadapi Mongolia. Kedua tim tidak ingin menutup perjalanan mereka di ajang ini dengan sia-sia. Laos dan Mongolia sama-sama tampil ngotot agar tidak berakhir di dasar klasemen.

Saat laga baru memasuki delapan menit, wasit menghadiahi Laos dengan penalti. Bounphachan Boukong yang bertugas sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Pada menit 22, Mongolia menyamakan kedudukan melalui gol Oyubold Oyuntuya. Wakil Asia Tengah tersebut bebralik unggul ketika pemain Laos Phoutthvvong Sangvilay mencetak gol le gawang sendiri jelang turun minum.

Babak kedua baru dimulai, giliran Mongolia yang mencetak gol ke gawang sendiri. Skor berubah menjadi imbang 2-2 usai Bat Orgil mencetak gol bunuh diri.

Bounkong mencetak brace sekaligus gol kemenangan Laos pada menit 74. Skor 3-2 untuk keunggulan Laos bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan hasil ini, Malaysia menjadi juara Grup J dengan tujuh poin, Thailand berada di bawahnya dengan jumlah lima poin. Laos mengoleksi tiga poin, sedangkan Mongolia membusuk di dasar klasemen dengan perolehan satu poin.

Thailand sendiri yang kini menempati posisi runner-up di Grup J berhasil meloloskan diri ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Tiket mentas ke Uzbekistan didapat Thailand lewat jalur empat runner-up terbaik.

Sementara itu, Vietnam hampir dapat segera menyusul Malaysia dan Thailand untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Kepastian itu bakal didapat usai menghadapi Myanmar di laga pamungkas Grup I.

Laga Vietnam vs Myanmar akan tersaji di Stadion Dolen Omurzakov pada 2 November 2021 sore waktu setempat. Kini, Vietnam sendiri masih memuncaki klasemen Grup I dengan 3 poin, sementara Myanmar mengekor di tempat kedua dengan koleksi poin yang sama.

Berikut Hasil Grup J di Kualifikasi Piala Asia U-23:

Thailand vs Malaysia: 0-0

Mongolia vs Laos: 2-3

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini