Malaysia Sebut Timnas Indonesia dan Vietnam Unggulan di Piala AFF 2020, Siap Jawab Pujian Skuad Garuda?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 51 2476330 malaysia-sebut-timnas-indonesia-dan-vietnam-unggulan-di-piala-aff-2020-siap-jawab-pujian-skuad-garuda-rNjuadO2TF.jpg Timnas Indonesia siap turun di Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

MANTAN pemain Tim Nasional (Timnas) Malaysia, Serbegeth Singh, menilai skuad Harimau Malaya –julukan Malaysia– bukanlah unggulan di Fase Grup B Piala AFF 2020. Pria 61 tahun itu melihat Vietnam dan Timnas Indonesia sebagai negara yang lebih diunggulkan untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Dalam undian Fase Grup Piala AFF 2020 yang dilangsungkan pada Selasa, 21 September 2021, juara bertahan Vietnam, Malaysia, Indonesia, Laos dan Kamboja ditempatkan di Grup B. Nantinya, masing-masing tim akan melakoni empat pertandingan, dua kandang dan dua tandang.

Timnas Viernam vs Indonesia

(Vietnam dan Indonesia jadi unggulan di Grup B Piala AFF 2020)

Ambil contoh Timnas Indonesia. Skuad asuhan Shin Tae-yong akan menjamu Kamboja dan Vietnam, kemudian bertandang ke markas Laos dan Vietnam.

Untuk tampil di Piala AFF 2020, persiapan sudah dimulai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ia memanggil 36 pemain dalam pemusatan latihan di Jakarta.

Selain sebagai persiapan turun di babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, ini juga sebagai persiapan jelang turun di Piala AFF 2020. Persiapan itu yang dinilai Serbegeth Singh menunjukkan bahwa Timnas Indonesia sudah sangat siap di ajang dua tahunan ini.

BACA JUGA: Satu Grup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Pelatih Malaysia: Mereka Musuh yang Harus Diwaspadai

Bagaimana dengan Vietnam? Status juara bertahan dan satu-satunya Negara Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, membuat Golden Stars –julukan Vietnam– sangat diwaspadai.

Status unggulan itu yang membuat Serbegeth Singh menilai tekanan saat ini ada di pundak Vietnam dan Indonesia.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong diharapkan dapat ubah peruntungan nasib Indonesia di Piala AFF)

"Sekarang ini kita tak boleh menganggap diri kami sebagai tim unggulan. Kami harus merendah dan sadar bahwa kita bukan tim yang hebat. Tekanan berada di pundak Vietnam dan Indonesia,” kata Serbegeth Singh mengutip dari Berita Harian, Jumat (24/9/2021).

"Kami sudah melihat kemajuan demi kemajuan Vietnam dan sekarang mereka beraksi dalam putaran terakhir Piala Dunia. Sementara itu, Indonesia sudah mulai pulih. Jadi, mereka tak punya alasan,” lanjut Serbegeth Singh.

Untuk penghuni Grup A Piala AFF 2020 ditempati Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura dan pemenang kualifikasi. Jadi, siapa yang keluar sebagai juara Piala AFF 2020?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini