Juventus Tundukkan AS Roma, Penalti I Giallorossi Jadi Sorotan

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 06:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 47 2487791 juventus-tundukkan-as-roma-penalti-i-giallorossi-jadi-sorotan-GvnjU0wNDS.jpg Henrikh Mkhitaryan beraksi dalam laga Juventus vs AS Roma di Liga Italia 2021-2022. (Foto/Reuters)

TURIN Juventus berhasil menundukkan AS Roma dengan skor 1-0 pada pekan kedelapan Liga Italia 2021-2022 di Stadion Juventus. Namun, penalti yang diberikan wasit kepada I Giallorossi -julukan AS Roma menjadi sorotan.

Juventus berhasil menctak gol pada menit 17 melalui Moise Kean. Namun, menjelang turun minum ada keputusan wasit yang dianggap kontroversial karena memberikan penalti pada skuad Jose Mourinho.

Foto/Reuters

Menurut laporan Football Italia, Senin (18/10/2021), wasit yang memimpin jalannya laga, Daniele Orsato dianggap terlalu cepat meniup peluit saat terjadinya pelanggaran di kotak terlarang Juventus. Hasilnya berbuah tendangan penalti bagi AS Roma.

Baca juga: Hasil Liga Italia Semalam: Juventus Libas AS Roma, Napoli Atasi Torino

Padahal, dalam tayangan ulang terlihat Henrikh Mkhitaryan menyentuh bola dengan lengannya untuk melepaskan umpan kepada Tammy Abraham. Dalam waktu bersamaan, Mkhitaryan memang terjatuh karena ditabrak oleh Wojciech Szczesny yang berusaha mengambil bola.

Baca juga: Hasil Juventus vs AS Roma di Pekan Kedelapan Liga Italia 2021-2022: Bianconeri Gasak I Giallorossi 1-0

Sembari terjatuh, Mkhitaryan terlihat seperti ‘mengirim umpan’ kepada Abraham dengan lengannya. Hal tersebut menjadi perdebatan lantaran wasit membuat keputusan terlalu cepat, dan menghadiahkan penalti bagi pasukan Jose Mourinho.

Sayangnya, Jordan Veretout yang bertindak sebagai eksekutor gagal memanfaatkan peluang emas itu. Laporan Football Italia melanjutkan, wasit dianggap melanggar aturan yang menyatakan wasit dan hakim garis dilarang meniup peluit sampai langkah (pemain) selesai.

Namun begitu, Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) yang bertugas mengeluarkan pedoman dalam sepakbola menyatakan ketidaksengajaan menyentuh bola dalam permainan bukanlah sebuah pelanggaran. Akan tetapi, seharusnya Orsato menelaah terlebih dahulu apakah Mkhitaryan sengaja menyentuh bola atau tidak.

“Handball yang tidak disengaja yang menyebabkan rekan setimnya mencetak gol atau memiliki peluang mencetak gol tidak akan lagi dianggap sebagai pelanggaran,” tulis pernyataan IFAB, dikutip dari Football Italia, Senin (18/10/2021).

Foto/Reuters

Terlepas dari semua itu, Jose Mourinho tidak mau berkomentar mengenai hal tersebut. Saat itu, Ia mengatakan hanya berkonsentrasi pada timnya untuk mencari cara menyamakaan kedudukan.

“Insiden penalti, saya tidak mau berkomentar. Saya tidak memiliki semua informasi di tangan, saya belum melihat tayangan ulang. Saya ingin mengisolasi diri dari insiden itu dan berkonsentrasi pada semua yang dilakukan tim saya,” tukas Mourinho kepada DAZN, Senin (18/10/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini