Presiden FIFA Sarankan Israel dan Palestina Tuan Rumah Piala Dunia 2030, Terealisasi?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 51 2486419 presiden-fifa-sarankan-israel-dan-palestina-tuan-rumah-piala-dunia-2030-terealisasi-h69k1AwLpx.jpg Gianni Infantino (kanan), usul Piala Dunia 2030 digelar di Israel dan Palestina. (Foto: Twitter/@IsraeliPM)

PRESIDEN FIFA, Gianni Infantino, untuk pertama kalinya mengunjungi Israel pada Rabu, 13 Oktober 2021. Di kesempatan ini, pria asal Italia membahas kemungkinan Israel menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama Palestina.

Tentu keinginan Gianni Infantino menarik perhatian. Sekadar informasi, Israel dan Palestina terlibat konflik berkepanjangan yang berlangsung dalam beberapa dekade terakhir.

Gianni Infantino

(Presiden FIFA, Gianni Infantino usul Piaal Dunia 2030 digelar di Palestina dan Israel)

Jika FIFA sanggup mendamaikan Israel dan Palestina lewat sepakbola, tentu cara yang luar biasa. Apakah niat baik ini bakal terealisasi?

“Mengapa kita tidak bisa memimpikan Piala Dunia di Israel dan tetangganya? Dengan kesepakatan Abraham, mengapa kita tidak menggelar Piala Dunia di Israel bersama para tetangga mereka di Timur Tengah dan Palestina,” kata Gianni Infantino mengutip dari The Athletic, Kamis (14/10/2021).

Bagi yang belum tahu, kesepakatan Abraham adalah perjanjian normalisasi yang ditetapkan Israel, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan dan Maroko, serta sudah ditandatangani tahun lalu. Hal itu membuat peluang kerja sama antara Israel dengan negara-negara Timur Tengah lebih mungkin untuk terealisasi.

BACA JUGA: Dapat Dukungan dari Presiden FIFA, Israel Berpotensi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Kabarnya, Israel sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Mereka berniat mengajak UEA sebagai tandem. Namun, belum ada proses lanjutan, mengingat proses bidding belum dibuka.

Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett, pun menyambut baik ide yang dilontarkan Gianni Infantino. Ia mengatakan siap menjadikan Israel sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama salah satu negara Jazirah Arab.

“Selamat datang di Israel, Presiden FIFA, Gianni Infantino. Senang bertemu dengan Anda dan mendengar ide Anda tentang Israel yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama dengan tetangga Arab kami. Itu adalah tujuan yang coba kami upayakan,” kata Naftali Bennett, mengutip dari Twitter @IsraeliPM.

Timnas Indonesia

(Timnas Indonesia intip peluang tampil di Piala Dunia 2030)

Lantas, bagaimana peluang Timnas Indonesia ambil bagian di Piala Dunia 2030? Sanggupkah Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia 2030?

Peluang Timnas Indonesia ambil bagian di Piala Dunia 2030 terbuka lebar. Sebab, peserta Piala Dunia 2030 adalah 48 negara, naik 16 tim dari edisi-edisi Piala Dunia sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini