Usia 39 Tahun, Maman Abdurrahman Beberkan Rahasia Tampil Apik di Liga 1 2021-2022

Rio Erfandi, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 02:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 49 2485759 usai-39-tahun-maman-abdurrahman-beberkan-rahasia-tampil-apik-di-liga-1-2021-2022-oRADkgTE2I.jpg Maman Abdurrahman kini berusia 39 tahun. (Foto/Persija Jakarta)

JAKARTA – Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, sudah berusia 39 tahun. Namun, dia masih tampil apik d Liga 1 2021-2022 dengan beberapa kali menjadi pilihan pertama pelatih Angelo Alessio. Maman pun membeberkan rahasia dia tetap bugar.

Persija telah melakoni seri pertama kompetisi Liga 1 musim ini dengan menorehkan 10 poin dari enam laga yang telah dijalani. Dari enam pertandingan tersebut Macan Kemayoran –julukan Persija- mendapatkan dua kemenangan dan empat hasil imbang.

Foto/Persija Jakarta

Persija menempati posisi keempat klasemen sementara Liga 1 musim ini. Meski dihiasi beberapa pemain senior, Persija membuktikan keempat pemainnya masih tampil sangat baik walaupun berusia 35 tahun ke atas.

Baca juga: Persija Jakarta Sering Imbang di Liga 1 2021-2022, Marko Simic Punya Dalih

Di antara pemain tersebut diantaranya mengisi sektor pertahanan yakni Maman Abdurahman yang berusia 39 tahun, Otavio Dutra (37), Marco Motta (35), dan Tony Sucipto (35). Performa mereka luar biasa.

Baca juga: Jelang Bergulirnya Seri 2 Liga 1 2021-2022, Pelatih Persija Jakarta Puas Lihat Perkembangan Para Pemain Muda

Dutra dan Tony menjadi dua pemain yang tak tergantikan dalam seri 1 LIga 1 2021/2022. Keduanya rutin tampil sebagai starter dan tidak pernah diganti dalam laga kontra PSS, PSIS, Persipura, Persela, Persita, dan Persiraja.

Sementara, Motta sebenarnya sama-sama bermain di enam pertandingan. Tapi di laga vs Persiraja ia terpaksa ditarik keluar pada menit ke-19 karena mengalami cedera.

Sedangkan, Maman yang menjadi andalan sang pelatih, Angelo Alessio dalam tiga laga terakhir sebagai starter. Mantan bek Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu menjadi pemain tertua Persija yang sudah turun di pertandingan.

Meski demikian, Persija juga tetap mempercayai beberapa pemain muda yang berada diskuadnya. lantas dengan performa apik di awal Liga 1 musim ini Maman mengukapkan rahasianya tersebut.

Foto/Persija Jakarta

Lebih lanjut maman menjelaskan bahwa dirinya sangat mencintai profesinya sebagai pemain sepakbola profesional. Alhasil, performa tersebut berdampak di dalam lapangan.

“Saya kerja di sepak bola. Saya harus hargai profesi ini. Kalau saya malas-malasan dalam berlatih artinya saya tak menghargai profesi saya. Jadi saat latihan di lapangan saya harus serius. Itu cara saya menghargai profesi. Saya pun tidak pernah bercanda saat latihan,” ucap Maman, lewat laman resmi Persija, Rabu (13/10/2021).

“Selain itu, buat saya yang penting bisa jalankan apa yang pelatih minta. Mau maksimal atau tidak itu urusan pelatih yang menilainya,” tutupnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini