Jika Hadapi 3 Negara Ini di Kualifikasi, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 51 2484988 jika-hadapi-3-negara-ini-di-kualifikasi-timnas-indonesia-lolos-ke-piala-asia-2023-7YoE8zfylE.jpg Timnas Indonesia berpotensi lolos ke Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akan turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Di babak ini, ada 24 negara yang ambil bagian. Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pun sudah membagi 24 negara ke dalam empat pot.

Seperti biasa, pot 1 dihuni tim-tim kuat. Sementara itu, pot 2, 3 dan 4 dihuni tim-tim yang levelnya semakin rendah. Lantas, di mana Timnas Indonesia ditempatkan? Skuad Garuda hanya ditempatkan di pot 4 bersama negara-negara lemah seperti Nepal, Mongolia, Bangladesh, Srilanka dan Kamboja/Guam.

Timnas Indonesia

Kemudian yang jadi pertanyaan, bagaimana format babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023? Setelah dilakukan pembagian pot, undian akan dilakukan. Nantinya, 24 negara itu dibagi ke dalam enam grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat negara.

Dari babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 ini terdapat 11 slot yang diperebutkan untuk lolos ke putaran final. Sebanyak enam juara grup dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Kemudian, lima runner-up terbaik juga mendapatkan status yang sama.

Melihat daftar calon lawan Timnas Indonesia, skuad Garuda memiliki peluang yang sangat besar untuk lolos ke Piala Asia 2023. Terlebih, jika lawan yang dihadapi Timnas Indonesia tim-tim di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Pemain Keturunan yang Bisa Bantu Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Nomor 1 Sempat Picu Kontroversi

Jika boleh memilih, Kirgisztan dapat menjadi lawan Timnas Indonesia dari pot 1. Kemudian, dari pot 2 ada Myanmar. Bagaimana dengan pot 3? Di pot ini ada Maladewa dan Singapura yang dapat dijadikan opsi.

Namun, berhubung Timnas Indonesia lebih familiar dengan Singapura, skuad Negeri Singa dapat dijadikan pilihan. Jadi, jika Timnas Indonesia satu grup dengan Kirgisztan, Myanmar dan Singapura, sanggupkah skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2023?

Timnas Myanmar

(Timnas Myanmar bisa jadi lawan Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023)

Pencinta sepakbola Tanah Air sudah rindu melihat Timnas Indonesia tampil di Piala Asia. Terakhir kali Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2007, atau 16 tahun dari 2023!

Saat itu pun Timnas Indonesia lolos ke putaran final karena berstatus tuan rumah. Jadi, sanggup lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia?

Berikut pembagian pot babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023:

Pot 1: Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kirgiztan, Palestina, India

Pot 2: Tajikistan, Thailand, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, Myanmar

Pot 3: Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Malaysia, Maladewa, Singapura

Pot 4: Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Langka, Indonesia, Guam/Kamboja

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini