Gol Kylian Mbappe ke Gawang Spanyol Kok Tidak Offside, Ini Penjelasan dari 2 Mantan Wasit

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 51 2484276 gol-kylian-mbappe-ke-gawang-spanyol-kok-tidak-offside-ini-penjelasan-dari-2-mantan-wasit-pZdfFZjKVr.jpg Kylian Mbappe merayakan gol ke gawang Spanyol. (Foto/Reuters)

MILAN – Penyerang Tim Nasional (Timnas) Prancis, Kylian Mbappe mencetak gol ke gawang Tim Spanyol pada laga final UEFA Nations League, yang terlihat offside. Meski demikian, gol tetap disahkan oleh wasit yang memimpin laga tersebut. Dua mantan wasit memberikan penjelasan terkait gol kontroversial Mbappe.

Menurut laporan Football Italia, Senin (11/10/2021), Tayangan ulang memang menunjukkan Mbappe berada dalam posisi offside, karena dia jelas tidak sejajar dengan Eric Garcia. Namun, Garcia sendiri lah yang merusak jebakan offside tersebut.

Foto/Reuters

Pasalnya, dia menerjang operan yang disodorkan Theo Hernandez ke Mbappe. Sehingga membuat Garcia memberikan sentuhan pada bola tersebut.

Baca juga: Spanyol Keok dari Prancis, Luis Enrique Malas Bicarakan Gol Kontroversial Kylian Mbappe

Jadi, dengan adanya kontak yang dilakukan oleh Garcia itulah yang mengakibatkan Mbappe terbebas dari jeratan offside. Karena sentuhan yang disengaja itu mengatur ulang permainan.

Baca juga: Spanyol Dikalahkan Prancis, Sergio Busquets Klaim Gol Kylian Mbappe Offside

Bahkan saat itu Anthony Taylor selaku wasit yang memimpin jalannya pertandingan juga melakukan review melalui VAR dan hasilnya gol itu sah. Seandainya Garcia membiarkan umpan yang diberikan Hernandez itu lewat, maka wasit akan menilai bahwa itu offside.

Sementara itu, beberapa media Spanyol menganggapnya bahwa itu sebagai skandal. Padahal, aturan mainnya menyatakan bahwa Garcia sengaja memainkan bola.

Bahkan, mantan wasit yang sekarang menjadi pakar di televisi, yaitu Luca Marelli dan Tiziano Pieri juga turut menjelaskan bahwa ini adalah pembacaan aturan yang benar. Meskipun memang, mereka tidak menyukai cara peraturan yang ditafsirkan tersebut.

Foto/Reuters

Sampai berita ini dibuat, kontroversi tersebut masih terus berlanjut. Sementara itu, hasil partai final UEFA Nations League, Prancis menang atas Spanyol dengan skor 2-1. Laga tersebut digelar di Stadion Allianz, Turin, Senin (11/10/2021) 01.45 WIB.

Gol Prancis lainnya dicatak oleh Karim Banzema. Sedangkan gol Spanyol disumbang Mikel Oyarzabal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini