Share

5 Pemain Naturalisasi yang Bisa Bantu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020, Nomor 1 Dinantikan Netizen Tanah Air

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 51 2483740 5-pemain-naturalisasi-yang-bisa-bantu-timnas-indonesia-juara-piala-aff-2020-nomor-1-dinantikan-netizen-tanah-air-KatiVmBorW.jpg Sandy Walsh berharap bisa bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

SEJUMLAH pemain naturalisasi yang akan dibahas di bawah ini, layak membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Piala AFF 2020 yang dilangsungkan di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Kehadiran mereka diprediksi mendekatkan Timnas Indonesia dengan gelar juara, target yang dibebankan PSSI kepada pelatih Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia pun tergabung di grup yang tak bisa dibilang enteng. Skuad Garuda berada di Grup B bersama juara bertahan Vietnam, semifinalis Malaysia, Laos dan Kamboja.

Berhubung hanya dua tim teratas yang lolos ke semifinal Piala AFF 2020, wajib bagi Timnas Indonesia untuk menurunkan pemain-pemain terbaiknya. Lantas, siapa saja pemain naturalisasi yang layak membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020?

Berikut 5 pemain naturalisasi yang bisa bantu Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020:

5. Ilija Spasojevic (Bali United)

Ilija Spasojevic

Kushedya Yudo, Hanis Saghara hingga Dedik Setiawan, penyerang yang dipercaya Shin Tae-yong di skuad Timnas Indonesia saat ini, dinilai tak cukup mumpuni untuk memperkuat lini depan skuad Garuda. Karena itu, Timnas Indonesia membutuhkan penyerang sekelas Ilija Spasojevic.

BACA JUGA: Usai Hajar Taiwan 2-1, Timnas Indonesia Naik 6 Peringkat di Ranking FIFA

Penyerang berdarah Montenegro ini sedang panas-panasnya bersama Bali United di Liga 1 2021-2022. Hanya dari enam pertandingan, Ilija Spasojevic mengemas lima gol, atau terpaut satu bola dari top skor sementara Ezechiel N’Douassel (Bhayangkara FC). Karena itu, kehadiran Ilija Spasojevic di lini depan Timnas Indonesia diprediksi menjadi tenaga tambahan luar biasa bagi Shin Tae-yong.

4. Stefano Lilipaly (Bali United)

Stefano Lilipaly

Di skuad Timnas Indonesia saat ini, tak ada playmaker yang mumpuni. Jika pun ada Evan Dimas, gelandang asal Surabaya lebih banyak beroperasi sebagai gelandang sentral saat memperkuat sang tim, Bhayangkara FC.

Karena itu, kehadiran Stefano Lilipaly yang berpaspor Belanda menjadi suntikan luar biasa bagi Timnas Indonesia. Terlebih, Stefano Lilipaly pernah membantu Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016.

3. Victor Igbonefo (Persib Bandung)

Victor Igbonefo

(Foto: Persib.co.id)

Kehadiran Victor Igbonefo saat hadir di laga Timnas Indonesia vs Taiwan, memperkukuh barisan pertahanan skuad Garuda. Karena itu, tenaga pemain berdarah Nigeria ini sangat dibutuhkan Timnas Indonesia saat mentas di Piala AFF 2020.

BACA JUGA: Resmi! Daftar 33 Pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022

Kolaborasi bek Persib Bandung ini dengan Fachruddin Aryanto, membuat pertahanan Timnas Indonesia tak hanya kukuh di bola-bola bawah, namun juga atas. Karena itu, menarik menanti apakah Victor Igbonefo dibawa Shin Tae-yong atau tidak ke Piala AFF 2020.

2. Kevin Diks (FC Copenhagen)

Kevin Diks

Berbeda dengan nama lain yang sudah memegang paspor Indonesia, tidak halnya dengan Kevin Diks. Pemain berdarah Belanda ini masih berjuang mendapatkan status Warga Negara Indonesia, tapi belum mendapat respons dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Kevin Diks yang bermain di kasta tertinggi Liga Denmark bersama FC Copenhagen, tampil luar biasa musim ini. Meski mentas sebagai fullback kanan, Kevin Diks cukup produktif dengan catatan tujuh gol dan lima assist dari 20 pertandingan. Selain biasa bermain sebagai fullback kanan, Kevin Diks dapat mentas di posisi fullback kiri dan gelandang bertahan.

1. Sandy Walsh (KV Mechelen)

Sandy Walsh

Nama ini paling dinantikan netizen tanah Air. Sandy Walsh yang berpaspor Belanda menunjukkan kecintaannya kepada Indonesia. Tak hanya di akun Instagram-nya, tapi juga ketika Sandy Walsh merumput bersama klubnya yang berasal dari Belgia, KV Mechelen.

Sama seperti Kevin Diks, Sandy Walsh juga biasa turun di posisi fullback kanan. Bersama KV Mechelen musim ini, Sandy Walsh turun dalam 10 pertandingan dengan catatan satu gol dan tiga assist.

Karena itu, betapa kuatnya Timnas Indonesia jika nama-nama di atas dipanggil di Piala AFF 2020. Jadi, bagaimana Shin Tae-yong?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini