Share

5 Pesepakbola Asing yang Dinaturalisasi Jadi WNI, Nomor 2 Top Skor Liga Australia

Ni Ketut Candra Puspita, Litbang Okezone · Rabu 29 September 2021 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 51 2478763 5-pesepakbola-asing-yang-dinaturalisasi-jadi-wni-nomor-2-top-skor-liga-australia-SHJGMN71nW.jpg Greg Nwokolo dinaturalisasi menjadi WNI. (Foto: Instagram/@greg11n)

SEJUMLAH pesepakbola asing dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Status WNI mereka dapatkan karena telah memenuhi syarat untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Tanah Air.

Dari sejumlah pesepakbola asing yang dinaturalisasi menjadi WNI, beberapa di antaranya memberikan kontibusi lumayan bagi Timnas Indonesia. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pesepakbola asing yang dinaturalisasi jadi WNI:

5. Victor Igbonefo

Victor Igbnefo

(Foto: Persib.co.id)

Kecintaannya pada sepakbola Indonesia membuat Victor Igbonefo bersedia dinaturalisasi menjadi WNI. Sebelumnya, Victor Igbonefo merupakan warga negara Nigeria.

BACA JUGA: Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia vs Taiwan di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023: Ada Egy Maulana dan Saddil Ramdani

Victor Igbonefo masuk ke Liga Indonesia dengan memperkuat Persipura Jayapura pada 2005 di usia 20 tahun. Victor Igbonefo sangat ingin memperkuat Timnas Indonesia yang akhirnya dibantu oleh PSSI untuk berpindah warga negara pada 2011. Saat ini, Victor Igbonefo diketahui membela Persib Bandung di Liga 1 2021-2022

4. Diego Michiels

Diego Michiels

Diego Michiels lahir dan meniti kariernya sebagai pemain sepakbola di Belanda. Di Indonesia, Diego Michiels memulai kariernya sepakbolanya dengan membela Pelita Jaya pada 2011.

Performa yang bagus ditunjukkan bersama Peliyta Jaya membuat Diego Michiels dipangil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011. Berkat bantuan Diego Michiels yang mentas sebagai fullback kiri, Timnas Indonesia U-23 merebut medali perak SEA Games 2011.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales adalah pesepakbola asal Uruguay yang resmi berpindah kewarganegaraan pada 3 November 2010. Sebelum menjadi WNI, Cristian Gonzales lebih dulu menikahi Eva Nurida Siregar yang merupakan orang Indonesia.

Cristian Gonzales tercatat tiga kali menjadi top skor Liga Indonesia. Ia juga menjadi bintang saat Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2010.

2. Sergio van Dijk

Sergio van Dijk

Pada 2013, Sergio van Dijk melalui kariernya sebagai pemain sepakbola di Indonesia dengan bergabung bersama Persib Bandung. Striker asal Belanda yang pernah meraih gelar top skor Liga Australia 2010-2011 itu kemudian tertarik membela Indonesia yang notabene negara leluhurnya.

Keinginan membela Timnas Indonesia membuat Sergio van Dijk mengambil keputusan untuk berpindah warga negara. Kemudian, pada Kualifikasi Piala Asia 2015, Sergio Van Dijk menjalani debut pertama sebagai pemain Timnas Indonesia.

Gol perdana yang dicetak Van Dijk tercipta di laga persahabatan Timnas Indonesia kontra Timor Leste pada November 2014. Ia juga membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2014, sayangnya skuad Garuda tersingkir di fase grup.

1. Greg Nwokolo

Greg Nwokolo

Sempat membela klub Singapura, Greg Nwokolo memutuskan gabung Persijatim Solo FC pada 2004. Dalam riwayatnya, Greg merupakan pemain yang sering pindah klub.

Penampilannya yang brilian bersama klub-klub Tanah Air membuat Greg Nwokolo dinaturalisasi menjadi WNI. Akhirnya, Greg menjalani sumpah setia pada 10 Oktober 2011. Setelah menjadi WNI, Greg melakoni debut di Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2015 pada 2013.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini