Rumput Jakarta International Stadium Setara Allianz Arena, Ini Kecanggihannya

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 49 2474591 rumput-jakarta-international-stadium-setara-allianz-arena-ini-kecanggihannya-nV1JbIuIiw.JPG Pemasangan rumput di Jakarta International Stadium. (Foto/Instagram Jakinstadium)

JAKARTA – Rumput Jakarta International Stadium (JIS) dinilai setara dengan markas Bayern Munich, Allianz Arena. Stadion JIS menggunakan rumput hybrid yang selesai dipasang pada Minggu 19 September 2021 lalu.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan laporan terakhir tim MPI ke lokasi, pembangunan sudah mencapai 70 persen. Pengerjaan masih berfokus pada akses dan fasilitas di stadion utama.

Foto/Instagram

Dari rilis yang diterima, Manajer Project JIS, Arry Wibowo mengatakan, sebelum memasang rumput, lebih dulu ada pengerjaan batu split sebagai penyangga lapangan.

Baca juga: Begini Cara JIS Cegah Suporter Masuk Lapangan dengan Tribun Tanpa Sekat

Setelah telah terpasang, baru dilapisi dengan rumput. Hal ini berguna agar saat hujan lapangan tidak becek karena dapat menyerap air secara otomatis dalam hitungan detik.

Baca juga: Jakarta International Stadium Segera Pasang Rumput Berstandar Internasional: Bisa Menyerap Air Hitungan Detik

Rumputnya pun menggunakan jenis hybrid yakni campuran antara sintetis dan alami. Ini merupakan jenis rumput yang sesuai dengan standar Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

“Komposisi hibrid adalah 5% rumput sintetis Limonta Mixto dan 95% rumput natural Zoysia Matrella,” tulis caption postingan terakhir akun Instagram resmi JIS (@jakinstadium), Selasa (21/9/2021).

“Keunggulan menggunakan rumput hybrid adalah kemampuan digunakan sampai 1.000 jam pertandingan dalam setahun atau dua kali gelar pertandingan dalam sehari,” lanjutnya.

Di akun yang sama mengatakan, bahwa rumput stadion JIS ini setara dengan stadion-stadion di Eropa. Hal ini yang membuat JIS semakin menjadi daya tarik pecinta sepakbola di masa depan.

Foto/Instagram

“Selain stadion kita sebagai perbandingan, stadion-stadion di Eropa seperti Allianz Arena Stadium milik klub raksasa Jerman FC Bayern Munchen, Wanda Metropolitano Stadium di Madrid, Spanyol, hingga Tottenham Hotspur Stadium di London, Inggris juga menggunakan rumput hybrid,” lanjutnya.

Stadion yang terletak di Jakarta Utara ini juga dilengkapi lapangan latih dengan rumput yang kurang lebih sama. Rencananya keseluruhan stadion akan rampung dan diresmikan pada Desember 2021 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini