Barcelona Tanpa Lionel Messi, Ronald Koeman Ungkap Kerja Sama Tim Lebih Baik

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 46 2468662 barcelona-tanpa-lionel-messi-ronald-koeman-ungkap-kerja-sama-tim-lebih-baik-HkYVZ5eVNz.jpg Lionel Messi saat diganti oleh Ronald Koeman ketika masih membela Barcelona. (Foto/Reuters)

BARCELONA – Tanpa Lionel Messi, Barcelona kehilangan sosok pemain yang bisa membuat rival menjadi takut. Namun, pelatih Blaugrana, Ronald Koeman, mengukapkan bahwa timnya kini lebih kuat dalam kerja sama tim.

Selama bertahun-tahun, Lionel Messi adalah nama yang identik di Barcelona. Tak terbayangkan sebelumnya bagaimana bila Messi tidak lagi bergabung dengan permainan raksasa Catalan ini.

Foto/Reuters

Namun, situasi yang ditakuti memang datang untuk Barcelona bulan lalu. Messi tidak memperbarui kontrak dan memilih bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG).

Baca juga: 5 Pesepakbola yang Seharusnya Tak Dilepas Barcelona, Nomor 1 Penuh Drama

Hal itu pun diamini oleh Ronald Koeman yang sempat terpukul ketika Messi memilih untuk pergi. Ia menyadari bahwa Barcelona telah kehilangan pemain terbaik dunia sepanjang sejarah klub.

Baca juga: Terbantu Klausul Kontrak, Lionel Messi Lagi-Lagi Absen Bela PSG Akhir Pekan Ini

"Sejak saat pertama kami mendengar berita bahwa dia tidak memperpanjang kontrak, itu merupakan pukulan bagi semua orang, termasuk saya karena Anda kehilangan yang terbaik di dunia. Anda kehilangan 30 gol atau lebih per musim dan assist-nya," ucap Koeman dikutip dari laman The Hard Tackle pada Kamis (9/9/2021).

"Lawan takut jika dia bermain, dan banyak lagi hal yang telah kita hilangkan. Butuh beberapa hari untuk pulih tetapi tidak ada pilihan selain membalik halaman dan membangun lebih banyak hal sebagai sebuah tim, lebih mementingkan strategi untuk mencapai jumlah gol yang kami butuhkan untuk menang," lanjutnya.

Meski begitu, Koeman tak mau berlama-lama terpuruk menerima kenyataan itu. Ia langsung bergegas menyegarkan kembali skema permainan Barca yang baru.

Sampai akhirnya, pria berusia 58 tahun ini menemukan sisi positif selepas kepergian Messi. Hal itu mengarah kepada permainan Barcelona kini tidak lagi mengandalkan kekuatan dari satu sosok, melainkan lebih merata pada keseluruhan pemain.

Foto/Reuters

“Itu tidak memaksa kami untuk bermain secara berbeda secara taktis tetapi ada hal-hal tanpa bola yang dapat meningkatkan tim. Kami tidak akan lagi memiliki kualitas individu Leo, tetapi dalam menekan, kerja sama dengan tim lebih baik sekarang," lanjutnya.

Saat ini pun harapan itu mulai ada. Selesap kepergian Messi, Barcelona belum pernah mengalami kekalahan dan dalam tiga laga terakhir Liga Spanyol 2021-2022 dengan meraih 7 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini