Southgate Akui Iseng Mainkan Alexander-Arnold sebagai Gelandang di Laga Inggris vs Andorra

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 06 September 2021 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 51 2466722 southgate-akui-iseng-mainkan-alexander-arnold-sebagai-gelandang-di-laga-inggris-vs-andorra-jwnzCSQQPE.JPG Pemain Timnas Inggris, Trent Alexnader-Arnold. (Foto: Reuters)

LONDON – Pada kemenangan 4-0 yang diraih Tim Nasional (Timnas) Inggris kontra Andorra terlihat ada yang berbeda di lini tengah tim tersebut. Perbedaan itu adalah hadirnya Trent Alexander-Arnold yang mengisi posisi gelandang bersama Jordan Henderson dan Jude Bellingham.

Tentunya agak aneh melihat Alexander-Arnold bermain sebagai gelandang. Pasalnya selama ini, baik saat membela Liverpool dan Timnas Inggris, pemain berusia 22 tahun itu bermain sebagai seorang fullback kanan.

Akan tetapi, entah mengapa saat melawan Andorra di laga lanjutan Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa pada Senin (6/9/2021) dini hari WIB, Alexander-Arnold tiba-tiba saja dimainkan di luar posisi utamanya. Ternyata pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memang sengaja memainkan Alexander-Arnold sebagai gelandang.

Baca Juga; Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Semalam: Inggris, Jerman, dan Spanyol Pesta Gol, Italia Raih Imbang

Selebrasi Lingard dan Alexander-Arnold di laga Inggris vs Andorra

Southgate mengaku cuma iseng karena ingin melihat bagaimana permainan Alexander-Arnold jika dimainkan sebagai gelandang. Ia memasang Alexander-Arnold di posisi gelandang bukan karena kekurangan pemain, sebab nyatanya di bangku cadangan ada Mason Mount, Declan Rice, dan Kalvin Phillips.

Menariknya, Southgate pun melihat Alexander-Arnold kesulitan bermain sebagai gelandang. Alhasil, di babak kedua pemain Liverpool itu ditarik mundur ke posisi awalnya, yakni sebagai fullback kanan.

Sejak dimainkan ke posisi semula, Alexander-Arnold pun tampil baik. Gelandang yang menggantikan Alexander-Arnold, Jack Grealish juga sukses tampil menawan hingga pada akhirnya membuat Inggris menang 4-0. Padahal di babak pertama Inggris hanya bisa unggul 1-0 saja.

Terlepas dari itu semua, Southgate sendiri mengaku ada hal positif dari bermainnya Alexander-Arnold sebagai gelandang. Southgate sendiri diduga sengaja melakukan berbagai percobaan karena lawan mereka adalah Andorra, yang secara di atas kertas kekuatannya sangat jauh di bawah The Three Lions.

“Kami ingin melihat sesuatu (yang berbeda) dan kami merasa ini adalah pertandingan yang bagus untuk dilihat. Jelas di babak kedua dia (Alexander-Arnold) bisa bermain lebih baik, karena bermain di posisi di mana dia merasa lebih nyaman,” ujar Southgate, dikutip dari Daily Mail, Senin (6/9/2021).

Inggris vs Andorra

“Saya melihat dia terlihat lebih bahagia saat bermain di posisi itu (sebagai fullback). Itu jelas, jadi saya pikir permainannya dengan bola menunjukkan kebahagiaan itu. Kami tahu dia memiliki kualitas luar biasa dengan bola dan tentu saja dia berada di posisi itu bersama Liverpool,” lanjutnya.

"Satu hal yang pasti di babak pertama terlihat tidak ada banyak ruang dan dia kesulitan memainkan di posisi yang berbeda itu, tapi saya tidak merasa kami kehilangan apa pun saat melihatnya bermain,” tutup Southgate.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini