Kronologi Lionel Messi Resmi Tinggalkan Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 46 2451724 kronologi-lionel-messi-resmi-tinggalkan-barcelona-bHTD877Lj0.jpg Lionel Messi resmi tinggalkan Barcelona setelah 21 tahun mengabdi. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

KRONOLOGI Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona diungkap jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano. Dalam pandangan pakar transfer ini, kegagalan Barcelona mengontrak Lionel Messi bukan karena Blaugrana -julukan Barcelona– gagal mendatangkan bek Juventus, Cristian Romero.

Sebelumnya, Marca melaporkan bahwa Lionel Messi enggan menandantangani kontrak karena Cristiano Romero gagal gabung Barcelona. Padahal dalam laporan Marca, Lionel Messi berharap Romero dapat melanjutkan karier di Barcelona.

Lionel Messi

(Lionel Messi saat memenangkan trofi Liga Champions 2014-2015 bersama Barcelona. (Foto: REUTERS)

Lantas, apa yang membuat Lionel Messi akhirnya meninggalkan Barcelona? Begini kronologinya versi Fabrizio Romano di akun Instagram-nya, @FabrizioRomano.

Lionel Messi dan sang ayah sekaligus agennya, Jorge Messi, sudah berada di Barcelona sejak Rabu 4 Agustus 2021 malam WIB. Kemudian pada Kamis 5 Agustus 2021, Lionel Messi bersiap menandatangani kontrak lima tahun dengan Barcelona, yang membuatnya terikat kontrak hingga 30 Juni 2026.

Kesepakatan verbal antara Barcelona dan Lionel Messi sudah tercapai sejak beberapa minggu yang lalu. Namun, semuanya batal karena masalah batasan gaji yang ditetapkan otoritas Liga Spanyol (La Liga).

BACA JUGA: Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Neymar Beri Kode Gabung PSG?

Sekadar informasi, ada skema batasan gaji di Liga Spanyol. Total dari 20 klub peserta Liga Spanyol, maksimal hanya diizinkan mengeluarkan uang untuk gaji pemain sebesar 2,33 miliar euro atau sekira Rp39,5 triliun per tahunnya.

Sementara untuk Barcelona sendiri, mereka kebagian jatah 382,7 juta euro atau sekira Rp6,49 triliun. Karena skema inilah, ditambah situasi pandemi Covid-19, membuat Lionel Messi bersedia dipotong gajinya hingga 50 persen.

Lionel Messi

Karena itu, untuk menyelesaikan detail kontrak, Lionel Messi tiba di Barcelona pada Rabu 4 Agustus 2021. Tak disangka sehari kemudian, Lionel Messi tak bisa didaftarkan Barcelona untuk berkiprah di seluruh kompetisi Spanyol pada 2021-2022. Alhasi, pisah jalan jadi keputusan yang diambil Barcelona dan Lionel Messi.

Kabarnya tak hanya Lionel Messi yang tak bisa didaftarkan. Sejumlah pemain baru Barcelona seperti Sergio Aguero, Memphis Depay, Emerson Royal dan Eric Garcia juga mengalami hal yang sama.

Sekarang yang jadi pertanyaan, masih adakah peluang Lionel Messi bertahan di Barcelona? Satu hal yang pasti, Pars Saint-Germain (PSG) sudah coba mendekati Lionel Messi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini