Jelang Final Spanyol vs Brasil di Final Sepakbola Olimpiade Tokyo 2020, Dani Alves di Ambang Pertajam Rekor

Tino Satrio, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 51 2450551 jelang-final-spanyol-vs-brasil-di-final-sepakbola-olimpiade-tokyo-2020-dani-alves-di-ambang-pertajam-rekor-HXBksv07Up.jpg Dani Alves bawa Brasil ke final sepakbola Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

TOKYO Dani Alves di ambang mempertajam rekor kelar laga Spanyol vs Brasil di final sepakbola Olimpiade Tokyo 2020 yang dilangsungkan pada Sabtu, 7 Agustus 2021 pukul 18.30 WIB. Jika Brasil U-23 meraih kemenangan dan mendulang emas, Dani Alves semakin mencatatkan diri sebagai pesepakbola dengan jumlah trofi terbanyak.

Selecao -julukan Brasil– melaju ke partai puncak setelah menumbangkan Meksiko lewat babak adu penalti di semifinal. Hal ini sekaligus membayarkan dendam, mengingat Brasil dikalahkan Meksiko di final sepakbola Olimpiade London 2012.

Timnas Brasil U-23

(Timnas Brasil U-23 lolos ke final sepakbola Olimpiad Tokyo 2020. (Foto: REUTERS)

Membawa Timnas Brasil meraih medali emas akan menyempurnakan tempatnya sebagai pemegang trofi terbanyak. Catatan trofinya akan bertambah menjadi 43 gelar dalam kariernya.

Bek yang kini membela klub Sao Paulo itu akan bertemu dengan negara yang telah ia sebut sebagai rumah. Maklum saja, sebab Alves cukup lama menghabiskan waktu di Spanyol kala membela Barcelona pada 2008-2016. Menurutnya, Spanyol adalah kelemahan baginya.

"Anda tahu tentang kelemahan saya untuk Spanyol, akan lebih baik untuk saling berhadapan di final, untuk masa lalu saya, karena saya setengah Brasil, setengah Spanyol,” kata Dani Alves dilansir dari Marca, Rabu (4/8/2021).

BACA JUGA: 5 Pemain Bintang yang Hampir Gabung Chelsea, Nomor 1 Idola Banyak Wanita

Meski sudah banyak mengoleksi trofi, Dani Alves tak bisa memungkiri bahwa pertandingan final nanti akan sangat berarti baginya. Karena biar bagaimana pun Olimpiade merupakan ajang olahraga prestisius di dunia. Apalagi ia hadir sebagai perwakilan negaranya.

"Itu berarti perasaan mencapai mimpi. Setiap atlet dengan performa tinggi ingin berada di sini. Berada di sini, bisa mewakili orang-orang saya, di sepak bola, adalah suatu kehormatan bagi saya," papar Alves.

Dani Alves

(Dani Alves saat bawa Barcelona juara Liga Champions 2010-2011)

Bertarung dengan La Furia Roja di final akan membuat pertandingan yang lebih mengharukan bagi Dani Alves. Pasalnya, setengah trofi yang telah ia kumpulkan tercipta lewat masa baktinya semasa merumput di Negeri Matador.

Selain membela Barcelona, Dani Alves pernah berseragam klub Spanyol lain yakni Sevilla. Ia pun tercatat membantu Sevilla dua kali juara Piala UEFA (sekarang disebut Liga Eropa).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini