Menang Tipis, Brasil Jinakkan Mesir di Perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020

Cikal Bintang, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 51 2448993 menang-tipis-brasil-jinakkan-mesir-di-perempatfinal-olimpiade-tokyo-2020-WsMYD7cRsp.jpg Pemain Timnas Brasil U-23 merayakan gol Matheus Cunha ke gawang Mesir. (Foto/Reuters)

TOKYO - Timnas Brasil U-23 berhasil menjinakkan Mesir pada cabang olahraga sepakbola putra Olimpiade Tokyo 2020.  Tim Samba hanya mampu menang tipis dengan skor 1-0 di Stadion Saitama, Sabtu (31/7/2021).

Jalannya Pertandingan

Brasil langsung gencar menyerang sejak peluit babak pertama pertanda mulainya pertandingan ditiupkan. Richarlison dan kolega terlihat menguasai permainan di 20 menit pertama dengan melancarkan berbagai serangan yang membahayakan gawang Mesir.

Foto/Reuters

Terbukti, Dani Alves yang menyisir sisi kanan lapangan dan beberapa kali melepaskan umpan terukur untuk Richarlison. Namun, kiper Mesir, Mohammed El Shenawy langsung mengantisipasinya dengan baik.

Baca juga: Lewat Adu Penalti, Timnas Jepang Susah Payah Tundukkan Selandia Baru di Perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020

Selecao -julukan Brasil- terus menyerang melalui sisi kanan. Hal tersebut dimanfaatkan Dani Alves dan kolega dengan baik setelah melihat sisi kanan belakang Mesir rapuh.

Baca juga: Lewat Babak Tambahan, Spanyol Singkirkan Pantai Gading di Perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020

Tak berfokus di sisi kanan, Brasil melancarkan serangan dari tengah dan sisi kiri lini pertahanan Mesir. Hasilnya, Matheus Cunha berhasil mencetak gol (37’) dengan tembakan kerasnya berkat umpan terukur dari Richarlison.

Berlanjut pada babak kedua, Mesir terlihat mengubah strategi permainan dengan memasukkan beberapa pemainnya. Hasilnya, Mohsen Salah yang baru masuk pada menit ke-62 langsung mengancam melalui tembakan kerasnya.

Sayangnya, tembakan tersebut masih menyamping di sebelah gawang Santos. Sementara, Brasil juga memasukkan beberapa pemain termasuk Paulinho yang menggantikan Matheus Cunha juga mengancam melalui tembakan kerasnya, sayangnya tembakan tersebut berhasil dihalau oleh kiper Mesir.

Foto/Reuters

Pada akhirnya, Selecao berhasil mempertahankan keunggulannya hingga peluit panjang ditiupkan. Dengan begitu, mereka berhasil lolos ke babak semifinal cabor sepakbola Olimpiade Tokyo 2020. Di Semifinal, mereka akan menunggu hasil dari pertandingan antara Korea Selatan melawan Meksiko.

Susunan pemain:

Brasil U-23 (4-2-3-1): Santos, Diego Carlos, Douglas Luiz, Guilherme Arana, Bruno Guimaraes, Matheus Cunha (Paulinho 54’), Richarlison (Gabriel Muninho 90+2’), Antony (Malcom 64’), Dani Alves (C), Nino, Claudinho (Reinier 64’).

Pelatih: Andre Jardine

Mesir U-23: Mohammed El Shenawy, Ammar Hamdy (Nasser Mansy 84’), Osama Galal, Ahmed Hegazy (C), Taher Mohamed, Ramadan Sobhi, Akram Tawfik, Karim Eraky (Emam Ashour 61’), Ahmed Rayan (Mohsen Salah 61’), Mahmoud El Wench, Ahmed Fotouh.

Pelatih: Gharib Shawky

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini