5 Gol Terbaik Cristiano Ronaldo di Partai Pamungkas, Nomor 1 Balas Lionel Messi

Cikal Bintang, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 51 2448518 5-gol-terbaik-cristiano-ronaldo-di-partai-pamungkas-nomor-1-balas-lionel-messi-jJBFnLcKYg.jpg Cristiano Ronaldo selalu jadi andalan mencetak gol untuk tim yang dibelanya. (Foto/Reuters)

CRISTIANO RONALDO dianggap salah satu pesepakbola terbaik dalam dua decade terakhir. Penyerang Juventus tersebut memiliki sederet rekor mentereng di berbagai kompetisi Benua Biru. Ia sudah mencetak 101 gol dalam 133 penampilannya untuk Bianconerri -julukan Juventus.

Tak hanya di Juventus, sebelumnya Ronaldo pernah mencatatkan rekor fantastis kala berseragam Real Madrid. Kala itu, ia membukukan 450 gol dalam 438 penampilannya bersama Los Blancos -julukan Real Madrid.

Hingga saat ini, di usianya yang sudah bisa dikatakan senjakala pemain sepakbola, Ronaldo masih terus menjadi mesin gol bagi Bianconeri. Hal tersebut merupakan pembuktian hasil kerja keras dan latihan CR7 -julukan Cristiano Ronaldo.

Di antara banyak gol yang berhasil diciptakannya, Sportskeeda merangkum beberapa gol yang merupakan lesakkan terbaiknya. Tak hanya itu, gol ini diciptakan Ronaldo dalam partai pamungkas:

5. Final Liga Champions 2017

Tampil sebagai finalis Liga Champions dalam dua tahun berturut-turut tak menyurutkan Real Madrid dalam perburuan trofi si kuping besar. Dalam 20 menit pertama, Los Blancos langsung tampil menyerang melalui inisiatif Toni Kroos.

Baca juga: 5 Pesepakbola yang Miliki Tendangan Superkencang, Nomor 1 si Raja Gol Internasional

Tak tanggung-tanggung, serangan demi serangan terus digencarkan oleh Real Madrid. Hasilnya, Dani Carvajal berhasil mencari celah dan mengumpan kepada Cristiano Ronaldo yang langsung melesakkan bola ke gawang Gianluigi Buffon.

Foto/Reuters

Real Madrid memimpin di babak pertama. Tak berhenti sampai disitu, Ronaldo kembali menambah pundi-pundi golnya. Kali ini, Luca Modric sukses menjadi aktor dibalik kesuksesan Ronaldo mencetak gol keduanya ke gawang Bianconerri.

Baca juga: 5 Kiper yang Layak Raih Trofi Ballon dOr, Nomor 1 dan 2 Dikalahkan Cristiano Ronaldo

Pada akhirnya, Los Blancos berhasil menang dengan skor telak 4-1 atas Juventus. Selain Ronaldo, Casemiro dan Marco Asensio juga mencetak gol bagi Real Madrid. Sedangkan, Bianconerri hanya mampu membukukan satu gol melalui tendangan salto Mario Mandzukic.

4. Final Super Spanyol 2012

Barcelona berhasil unggul atas Real Madrid pada leg pertama final Super Spanyol 2012 kala itu dengan skor 3-2. Namun, Los Blancos tak berhenti mencari keajaiban di leg kedua dimana mereka bermain di kandang sendiri.

Foto/Reuters

Saat itu, laga baru berjalan 11 menit ketika Gonzalo Higuain akhirnya berhasil mencetak gol untuk Real Madrid. Karena itu, Los Blancos berhasil menyamakan agregat 3-3. Delapan menit berselang, Sami Khedira menjadi motor serangan Real Madrid.

Namun, serangan tersebut sempat terhenti di kaki Gerard Pique. Akan tetapi, Ronaldo dengan cerdik mencari celah dan memanfaatkan kesempatan untuk mencetak gol kedua bagi Los Blancos.

Yang membuat semua orang terheran-heran, pemain nomor 7 Real Madrid itu menjentikkan bola dari bagian belakang sepatunya untuk mengirimnya terbang ke depan, beberapa meter dari jangkauan Pique. Hasilnya, ia berhasil mengelabui Victor Valdes dan menambah keunggulan Real Madrid 2-0.

Pada akhirnya, Real Madrid berhasil menang berkat keunggulan gol tandang. Gol indah Lionel Messi melalui tendangan bebas saat itu tak mampu menyelamatkan Blaugrana -julukan Barcelona- dari kekalahan 1-2.

3. Final Liga Champions 2008

Sebelum membuat rekor transfer senilai 94 juta euro ke Real Madrid, Cristiano Ronaldo sudah lebih dulu menjadi buah bibir di Liga Inggris. Bagaimana tidak, ia menutup musim 2007-2008 bersama Manchester United dengan mencatatkan 42 gol dan mempersembahkan gelar Liga Champions.

Foto/Reuters

Kala itu, duel dua tim inggris terjadi di partai pamungkas Liga Champions 2008. The Blues -julukan Chelsea- saat itu sedang bertarung habis-habisan untuk meraih gelar Liga Champions pertamanya.

Ronaldo yang menjadi bagian dari Red Devils -julukan Man United- menyulitkan langkah The Blues. Saat itu, ia mencetak satu gol indah yang dihasilkan melalui kepalanya.

Akan tetapi, The Blues berhasil membalas melalui gol Frank Lampard di waktu-waktu kritis menjelang berakhirnya laga. Hasilnya, pertandingan harus dilangsungkan hingga perpanjangan waktu dan babak adu penalti.

Di babak tersebut, Ronaldo gagal memaksimalkan kesempatannya. Ia gagal mencetak gol pada babak adu penalti dan terlihat sangat sedih. Namun begitu, kegagalan dua pemain Chelsea, yakni Nicolas Anelka dan John Terry membuat Manchester United mengukuhkan gelar Liga Champions-nya yang kedua.

2. Final Copa Del Rey 2011

Setelah tiba di Santiago Bernabeu pada musim 2009-2010, Cristiano Ronaldo langsung menunjukkan tajinya sebagai penyerang yang haus gol. Namun begitu, CR7 harus menunggu dua tahun sebelum akhirnya berhasil persembahkan gelar pertama bagi Los Blancos.

Foto/Real Madrid

Saat itu, laga berjalan alot dengan 90 menit tanpa gol sehingga harus masuk ke babak perpanjangan waktu. Pada menit 103, Angel Di Maria melepaskan umpan silang yang akurat kepada Ronaldo.

Hasilnya, Ronaldo berhasil memaksimalkan umpan tersebut menjadi gol yang masuk ke sudut atas gawang milik Victor Valdes. Pada akhirnya, Ronaldo menjadi satu-satunya pencetak gol pada laga pamungkas tersebut dan berhasil mempersembahkan trofi bagi Los Blancos setelah kering selama dua tahun.

1. Final Super Spanyol 2017

Cristiano Ronaldo kembali berhasil menunjukkan kelasnya di partai pamungkas. Kala itu, Los Blancos meladeni perlawanan Barcelona di depan pendukungnya sendiri pada leg pertama Final Super Spanyol 2017.

Saat itu, Real Madrid langsung berinisiatif menyerang sisi pertahanan Blaugrana tanpa ampun. Akan tetapi, serangan itu belum membuahkan hasil pada babak pertama.

Foto/Reuters

Berlanjut ke babak kedua, Real Madrid akhirnya berhasil memecah kebuntuan menyusul gol bunuh diri yang diciptakan Gerard Pique (50’). Setelah itu, Barcelona memang berhasil membalas melalui penalti Lionel Messi (77’).

Namun, kedudukan sama kuat tak berlangsung lama. Ronaldo langsung membalaskan gol Messi dengan sangat indah. CR7 berhasil menempatkan bola pada sudut kanan atas gawang dengan tendangan melengkung yang akurat.

Publik Camp Nou terdiam, Los Blancos berhasil unggul 2-1 atas Barcelona. Tak berhenti sampai disitu, Marco Asensio kembali menambah keunggulan Real Madrid di menit 90 dan memantapkan Los Blancos menang 3-1 atas Barcelona.

Di leg kedua, Real Madrid juga berhasil menang. Saat itu, aktor kesuksesannya adalah Karim Benzema dan Marco Asensio yang mengunci kemenangan Real Madrid 2-0 sejak awal pertandingan. Hasilnya, Real Madrid berhasil menang dalam dua leg dengan agregat terpaut jauh 5-1 dan menjadi jawara Supercopa 2017.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini