Media Korea Selatan Dikecam karena Ledek Pesepakbola Rumania di Olimpiade Tokyo 2020

Cikal Bintang, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 51 2446589 media-korea-selatan-dikecam-karena-ledek-pesepakbola-rumania-di-olimpiade-tokyo-2020-rR48GmigoM.jpg Marius Marin melakukan gol bunuh diri saat melawan Korea Selatan. (Foto/Reuters)

TOKYO – Media Korea Selatan (Korsel) dikecam karena meledek pesepakbola Rumania yang sedang berlaga di cabang olahraga Olimpiade Tokyo 2020. Insiden terjadi usai Timnas Korsel berhasil menang besar atas Romania 4-0 di Grup B pada Minggu, 25 Juli 2021 lalu.

Menurut laporan Korea Times, Selasa (27/7/2021), dalam liputannya MBC mengatakan hal yang tidak terpuji. Kata-kata tersebut berunsur penghinaan kepada salah satu pesepakbola Rumania yang melakukan gol bunuh diri pada pertandingan tersebut, yakni Marius Marin.

Baca juga: Dani Ceballos Terancam Tak Bisa Bela Real Madrid di Laga Awal Liga Spanyol 2021-2022

“Terima kasih Marin,” tulis MBC yang mengacu pada gol bunuh diri Marin, dilansir dari Korea Times, Selasa (27/7/2021).

Foto/Twitter

Karena itu, sejumlah supporter Rumania tak terima dan mengecam tindakan media tersebut. Salah satu akun media sosial fans Romania (@RoFtbl) menyampaikan itu merupakan tindakan yang sangat memalukan.

Baca juga: Hancurkan Peringkat 1 Dunia, Greysia Polii/Apriyani Juara Grup A Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

“Stasiun penyiaran publik Korea Selatan MBC mengolok-olok momen memalukan Marius Marin dengan pesan ‘Terima kasih Marin, gol bunuh diri’,” tulis kecaman akun tersebut pada Minggu (25/7/2021).

Selain itu, akun tersebut mengatakan tindakan tersebut sebagai perlakuan yang tidak sportif kepada salah satu atletnya. Sebelumnya, MBC juga sempat dikecam karena melakukan kontroversi dalam peliputannya.

Saat itu, MBC sedang melakukan peliputan upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Kala itu, mereka menggambarkan kontingen Ukraina dengan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terkait dengan tragedi Chernobyl.

Tak hanya itu, mereka juga menggambarkan kontingen Haiti dengan visual kerusuhan. Hal tersebut menyakiti hati warga Haiti karena negaranya baru saja kehilangan kepala negara karena dibunuh.

Sementara untuk Indonesia, MBC menampilkan grafik kasus Covid-19 yang tinggi di Tanah Air.

Foto/Reuters

Karena banyak menimbulkan reaksi keras dari publik, MBC akhirnya meminta maaf atas visualisasi Ukraina dan Haiti tersebut. Dalam sebuah pernyataan, mereka mengaku menyesal dan akan mengambil tindakan lebih lanjut atas kasus tersebut.

“Kami menyadari keseriusan insiden tersebut. Kami akan menyelidiki secara menyeluruh bagaimana gambar dan keterangan tersebut digunakan dan mengambil tindakan tindak lanjut,” bunyi pernyataan hanya dengan bahasa Korea dilansir dari Korea Times, Selasa (27/7/2021).

Namun, untuk perlakuan mereka atas pesepakbola Romania belum ada permintaan maaf hingga berita ini diturunkan. Tentu saja, hal tersebut bisa menimbulkan kontroversi selanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini