Share

5 Aturan Pertandingan Sepakbola yang Segera Diubah FIFA, Ikuti Pakem Futsal?

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Minggu 18 Juli 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 18 51 2442463 5-aturan-pertandingan-sepakbola-yang-segera-diubah-fifa-ikuti-pakem-futsal-poUx0gaB4h.jpg Timnas Italia saat tampil di Piala Eropa 2020. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

FEDERASI Sepakbola Dunia (FIFA) baru-baru ini mengeluarkan eksperimen, perihal perubahan peraturan di pertandingan sepakbola. Berdasarkan laporan Mundo Deportivo yang dikutip dari laman Sportbible pada Minggu (18/7/2021), FIFA sedang melakukan eksperimen perubahan aturan pada turnamen kelompok umur bertajuk "Future of Football Cup".

Sebanyak 19 tim rencananya akan terlibat pada turnamen ini. Adapun klub-klub tersebut adalah tim U-19 dari PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, RB Leipzig, dan Club Brugge. Mereka dipercaya menjalankan peraturan yang digadang-gadang meningkatkan jalannya pertandingan sepakbola ini.

Meski peraturan ini belum pasti terlaksana, tapi sudah memicu reaksi dari para fans yang kebanyakan berisi penolakan. Mereka menilai aturan baru mencoreng keindahan sepakbola yang selama ini sudah dijalankan.

Bahkan beberapa aturan baru mirip seperti futsal, seperti tendangan ke dalam, waktu dihentikan saat bola keluar lapangan dan pergantian pemain tak terbatas,

Berikut 5 aturan pertandingan sepakbola yang segera diubah FIFA:

5. Pertandingan 2x30 menit

Timnas Italia

Pertandingan yang selama ini 2x45 menit, kini publik hanya dapat menikmatinya selama sekira satu jam. Dalam laman yang sama menyebutkan peraturan ini mengingatkan pada pernyataan Florentino Perez saat membentuk kompetisi tandingan Liga Champions yakni Liga Super Eropa. Saat itu ia mengisyaratkan menggelar pertandingan dalam waktu yang lebih singkat.

4. Waktu Dihentikan saat Bola Keluar Lapangan

Timnas Italia

Biasanya, dalam 90 menit, wasit akan memberi injury time sesuai dengan waktu yang terbuang ketika pertandingan berlangsung. Namun, nanti waktu benar-benar dihentikan demi menghindari terjadinya mengulur-ulur waktu.

BACA JUGA: Arab Saudi Ajak Italia untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Peraturan ini diadopsi dari olahraga basket dan futsal. Nantinya, bila bola keluar dari lapangan, pelanggaran, dan kejadian lain selain berlangsungnya pertandingan, maka wasit akan menghentikan waktu lebih dulu.

3. Bukan Lemparan ke Dalam, tapi Tendangan ke Dalam

Lemparan ke Dalam

(Momen lemparan ke dalam)

Sama halnya seperti permainan futsal, bola keluar akan dilakukan dengan tendangan ke dalam. Tak ada lagi para pemain yang menggunakan tangan untuk kembali melanjutkan permainan.

2. Pergantian Pemain Tak Terbatas

Pergantian Pemain

Peraturan semula FIFA membolehkan pergantian pemain dalam satu pertandingan hanya 3 kali bagi masing-masing klub. Kemudian berganti menjadi 5 kali lantaran adanya pandemi Covid-19.

Namun, nantinya FIFA membebaskan bagi setiap klub melakukan pergantian pemain tanpa memerhatikan kuota. Ini pun dapat memberi kesempatan bagi semua pemain untuk tampil dalam satu laga.

1. Penerima Kartu Kuning Tak Boleh Bermain Selama 5 Menit

Kartu Kuning

(Luis Suarez saat menerima kartu kuning dari wasit)

Selama ini, kartu kuning merupakan bentuk peringatan wasit agar sang penerima tidak melakukan pelanggaran serupa demi terhindar dari kartu merah. Namun, bila sampai terulang dan akhirnya menerima kartu merah, maka sang pemain dilarang melanjutkan permainan.

Nantinya, penerima kartu kuning akan meninggalkan lapangan dan tak diizinkan bermain lebih dulu. Ia baru bisa melanjutkan permainan kembail setelah lima menit berada di luar lapangan.

Menurut Anda, aturan ini layak dijalankan atau aturan yang ada sekarang layak dipertahankan?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini