5 Fakta Menarik di Piala Eropa 2020, Nomor 1 Milik Cristiano Ronaldo

Ajeng Wirachmi, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 51 2439739 5-fakta-menarik-di-piala-eropa-2020-nomor-1-milik-cristiano-ronaldo-HlwoD870kC.jpg Cristiano Ronaldo top skor Piala Eropa 2020. (Foto: REUTERS/Laszlo Balogh)

GELARAN Piala Eropa 2020 baru saja usai. Selama sebulan dihelat, kejuaraan bergengsi ini menghadirkan banyak hal menarik. Lantas, apa saja fakta menarik yang tersaji di sepanjang turnamen?

Berikut 5 fakta menarik di Piala Eropa 2020:

5 . Gol Tercepat di Piala Eropa 2020

Luke Shaw

Dalam partai puncak antara Inggris dan Italia, gol tercepat selama gelaran Piala Eropa 2020 pun tercipta. Bek Inggris, Luke Shaw, berhasil menjebol gawang Italia pada menit ke-2.

Aksinya itu lantas menuai banyak pujian dari para penggemarnya dan mampu menumbuhkan kepercayaan Inggris. Namun, sayangnya Italia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-67 via Leonardo Bonucci. Inggris pun harus merelakan trofi piala Eropa ke tangan Italia setelah kalah dalam adu penalti dengan skor 2-3.

4. Giorgio Chiellini Jadi Pemain Tertua

Giorgio Chiellini

Kapten timnas Italia, Giorgio Chiellini tercatat menjadi pemain tertua dalam turnamen ini. Ia lahir pada 14 Agustus 1984 dan kini berusia 36 tahun. Pemain dengan nomor punggung 3 ini berhasil membawa skuad nya menjuarai Piala Eropa 2020 dengan menggulung Inggris di Stadion Wembley, London.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Pemenang Trofi Individu Piala Eropa 2020: Gianluigi Donnarumma Pemain Terbaik, Cristiano Ronaldo Top Skor

3. Inggris Tak Pernah Kebobolan hingga Semifinal

Timnas Inggris

Melenggang ke babak semifinal dan bertemu Denmark, ternyata tak ada satupun pemain yang berhasil menjebol tim asuhan Gareth Southgate ini. Di partai awal, Inggris berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor 1-0, kemudian bertemu Skotlandia dengan hasil 0-0, serta menang 1-0 atas Republik Ceko.

Selanjutnya, Inggris menang 2-0 atas Jerman di 16 besar. Bahkan, Inggris juga berhasil melumat Ukraina dengan skor 4-0 di perempatfinal. Hanya saja, di semifinal Inggris kebobolan satu gol dari Denmark, meski akhirnya menang 2-1.

2. Pemain Termuda

Kacper Kozlowski

Siapa sangka, dalam Piala Eropa 2020 diramaikan oleh pemain termuda asal Polandia, Kacper Kozlowski yang baru berusia 17 tahun. Ia lahir di Koszalin, Polandia pada 16 Oktober 2003.

masih sangat muda dan belum banyak memiliki pengalaman, namu Kozlowski berhasil menyihir penonton karena permainannya yang sangat mumpuni. Apalagi, saat Polandia bisa menahan imbang Spanyol dengan skor 1-1. Kozlowski dianggap dapat memperbaharui suasana dan menambah semangat anggota tim lain.

1. Top Skor

Cristiano Ronaldo

Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo masih menjadi mesin pencetak gol terbanyak. Sepanjang gelaran Piala Eropa 2020 ini, ia berhasil mencetak 5 gol dan satu assist untuk negaranya. Meskipun Portugal harus dijegal Belgia dengan skor tipis 0-1 dan tidak mampu melangkah jauh di turnamen ini, namun Ronaldo tetap berhasil mencatatkan namanya sebagai top skor.

Sebenarnya koleksi gol Cristiano Ronaldo sama persis dengan penyerang Republik Ceko, Patrik Schick. Hanya saja, Cristiano Ronaldo unggul jumlah assist, sehingga berhak menyabet trofi sepatu emas Piala Eropa 2020.

BACA JUGA: Bikin Inggris Kalah di Final Piala Eropa 2020 Gara-Gara Gagal Eksekusi Penalti, Marcus Rashford Pusing

Selain itu, Cristiano Ronaldo pun tercatat sebagai top skor sepanjang masa Piala Eropa. Cristiano Ronaldo mengemas 14 gol, unggul lima bola dari Michel Platini di tempat kedua.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini