Ikut Soroti Hadiah Penalti Inggris, Verratti: Itu Terlalu Mudah Diberikan!

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 02:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 51 2437850 ikut-soroti-hadiah-penalti-inggris-verratti-itu-terlalu-mudah-diberikan-JI3L2c5WSs.jpg Timnas Inggris. (Foto: Reuters)

LONDON – Gelandang Timnas Italia, Marco Verratti, ikut menyoroti hadiah penalti untuk Inggris dalam laga kontra Denmark di semifinal Piala Eropa 2020. Baginya, penalti itu terlalu mudah diberikan wasit kepada Inggris.

Sebagaimana diketahui, Inggris mendapat satu hadiah penalti kala menghadapi Denmark di Stadion Wembley, London, Kamis 8 Juli 2021 dini hari WIB. Penalti itu diberikan pada babak extra time alias tambahan waktu.

Raheem Sterling

Tepatnya di menit ke-104, Inggris mendapat hadiah penalti setelah Raheem Sterling terjatuh di kotak terlarang. Wasit sempat mengecek pelanggaran tersebut melalui VAR. Kemudian, wasit asal Belanda bernama Danny Makkelie itu memutusksan memberi hadiah penalti.

BACA JUGA: Beda Pendapat dengan Sterling, Arsene Wenger Anggap Penalti Timnas Inggris Gaib

Harry Kane pun ditunjuk menjadi algojo. Sejatinya, tendangannya kala itu bisa ditepis oleh Kasper Schmeichel. Tetapi, bola liar berhasil disambar dengan cepat oleh Kane yang mengonversinya menjadi gol.

BACA JUGA: Hadapi Inggris di Final Piala Eropa 2020, Verratti: Bakal Jadi Final yang Epic!

Sontak, penalti ini langsung jadi perhatian khalayak ramai. Sebab, akibat penalti ini, Inggris langsung mengungguli Denmark dengan skor 2-1 dan skor ini pun terus bertahan hingga akhir laga.

Sejumlah pihak menilai bahwa wasit tak seharusnya memberi hadiah penalti atas insiden yang dialami Sterling. Sebab, dari tayangan ulang, dua pemain Denmark yang berada di dekat Sterling, yakni Joakim Maehle dan Mathias Jensen, tidak terlihat jelas melakukan kontak dengan sang pemain.

Verratti pun tampaknya punya pandangan yang sama. Dia merasa bahwa wasit terlalu bermurah hati dalam memberi hadiah penalti itu. Baginya, penalti tak perlu diberikan karena itu menjadi begitu krusial dalam laga tersebut.

"Mungkin, itu adalah penalti yang sedikit murah hati. Tetapi, itu adalah bagian dari gambaran dalam sepak bola,” ujar Verratti, sebagaimana dikutip dari Sportsmole, Jumat (9/7/2021).

Marco Verratti

“Saya tak akan memberikannya. Itu adalah gol penting dan mereka (Inggris) menang. Namun, saya bilang penalti itu terlalu mudah diberikan,” lanjutnya.

Inggris dan Italia sendiri akan saling berhadapan di babak final Piala Eropa 2020. Laga ini akan digelar di Stadion Wembley pada Senin 12 Juli 2021 dini hari WIB.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini