Semifinal Piala Eropa 2020, Morata Sedang Tak Bugar saat Gagal Eksekusi Penalti

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 51 2436673 semifinal-piala-eropa-2020-morata-sedang-tak-bugar-saat-gagal-eksekusi-penalti-IzPr94vbkD.jpg Alvaro Morata gagal eksekusi penalti saat melawan Italia. (Reuters)

LONDON – Alvaro Morata sedang tak bugar saat gagal mengeksekusi penalti yang membuat Timnas Spanyol gagal melaju ke final Piala Eropa 2020 setelah kalah dari Italia. Hal itu disampaikan oleh pelatih Luis Enrique.

Spanyol asuhan Luis Enrique mendominasi jalannya pertandingan dengan gaya khas permainan mereka. Namun, Italia mampu membendung serangan sehingga tak ada gol sampai turun minum.

Foto/Reuters

Baru pada menit ke-60 Italia memecah kebuntuan dari serangan balik. Melalui serangan balik, Marco Verratti yang terus membawa bola ke jantung pertahanan Spanyol. Federico Chiesa yang mendapat umpan dari Veratti. Sepakan melengkungnya gagal ditepis Unai Simon.

Baca juga: Man of the Match Italia vs Spanyol: Federico Chiesa

Namun, 21 menit kemudian pada menit ke-80 Spanyol menyamakan kedudukan. Pemain pengganti Alvaro Morata sukses menjebol gawang Donnarumma dari luar kotak penalti Azzurri usai menerima umpan dari Dani Olmo.

Baca juga: Italia vs Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020, Donnarumma Beberkan Kunci Tepis Penalti Morata

Skor 1-1 bertahan di waktu normal dan babak tambahan membuat pertandingan menuju ke adu penalti. Penendang pertama Italia, Manuel Locatelli gagal melakukan eksekusi karena bola diselamatkan oleh kiper Spanyol Unai Simon.

Namun, keempat penendang laiinya Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Sebaliknya Spanyol hanya berhasil dari dua penendang, yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, sedangkan Dani Olmo melebar dia atas gawang dan Morata dimentahkan oleh kiper Gianluigi Donnarumma.

Foto/Reuters

Enrique menjelaskan bahwa Morata memiliki masalah sebelum mengambil tendangan penalti. Meski begitu, pemain Juventus tersebut sangat mengambil tendangan.

"Morata memiliki masalah adduktor tetapi masih ingin mengambil penalti, dan itu sangat mempengaruhi kepribadiannya. Dia sangat besar bagi kami di turnamen ini," ungkapnya mengutip laman UEFA usai laga di Stadion Wembley, Rabu (7/7/2021).

 Saksikan siarang langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini