Jose Mourinho Ungkap Dosa Didier Deschamps saat Timnas Prancis Tersingkir dari Piala Eropa 2020

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 51 2433143 jose-mourinho-ungkap-dosa-didier-deschamps-saat-timnas-prancis-tersingkir-dari-piala-eropa-2020-03GlfHXxOK.jpg Didier Deschamps (Foto: Reuters)

LONDON – Tim nasional (Timnas) Prancis meraih hasil mengecewakan kala melakoni pertandingan babak 16 Besar Piala Eropa 2020. Menghadapi Swiss, skuad Les Bleus –julukan Timnas Prancis– kalah 4-5 via adu penalti dari sang lawan.

Dalam pertandingan yang dimainkan di Arena Nationala, Bukarest, Rumania, Selasa 30 Juni 2021, dini hari WIB, Timnas Prancis memang memulai dengan performa minor. Bahkan, Swiss sempat mencuri keunggulan lebih dahulu dari TImnas Prancis di menit ke-15 via sundulan Haris Seferovic.

Situasi tersebut pun memaksa Timnas Prancis tampil lebih menekan pertahanan Swiss di sisa babak pertama. Namun serangkaian peluang emas yang berhasil didapatkan Timnas Prancis gagal berbuah menjadi gol.

Timnas Prancis

Pada babak kedua, Timnas Prancis semakin melancarkan tekanan demi tekanan ke pertahanan Swiss demi mendapatkan gol penyeimbang kedudukan. Upaya Timnas Prancis akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-57 via aksi Karim Benzema.

Usai menyamakan kedudukan, Timnas Prancis semakin gencar menyerang pertahanan Swiss. Alhasil, tim asuhan Didier Deschamps tersebut berhasil menambah dua gol lagi melalui aksi dari Benzema (59’) dan Paul Pogba (75’).

Baca Juga: Viral! Fans Prancis Keluarkan Senjata Tajam saat Ditanya Skor Pertandingan oleh Suporter Belanda

Akan tetapi kemenangan Timnas Prancis yang sudah berada di depan mata harus lenyap seketika. Pasalnya Swiss berhasil mencetak dua gol untuk membuat kedudukan kembali seimbang melalui aksi dari Seferovic (81’) serta Mario Gavranovic (90’).

Kedudukan 3-3 pun bertahan hingga waktu normal serta babak tambahan berakhir. Kondisi itu membuat pertandingan antara Timnas Prancis melawan Swiss harus ditentukan melalui drama adu penalti.

Di babak tersebut, Timnas Prancis kalah 4-5 dari Swiss usai Kylian Mbappe gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Ya, sepakan penalti Mbappe dengan cekatan berhasil dihentikan oleh kiper Swiss, Yann Sommer.

Jose Mourinho pun memberikan analisanya mengenai kekalahan Timnas Prancis dari Swiss di babak 16 Besar Piala Eropa 2020. Mourinho menjelaskan bahwa dirinya melihat kesalahan fatal yang dilakukan oleh Didier Deschamps saat Prancis tersingkir dari Piala Eropa 2020.

“Ketika Anda di sebuah laga dengan kemungkinan untuk babak tambahan, Anda harus sangat berhati-hati dengan pergantian pemain,” jelas Mourinho, sebagaimana dilaporkan oleh BBC Sport, Rabu (30/6/2021).

“Ketika membuat pergantian di menit ke-89 dan menarik salah satu pemain terbaik, Griezmann, yang bermain luar biasa baik dan Anda menggantinya dengan Sissoko. Kalau ini adalah laga untuk poin-poin tanpa babak tambahan, itu oke saja,” sambung pria asal Portugal tersebut

Prancis vs Swiss

“Tapi ketika Anda kemungkinan untuk babak tambahan, itu jadi laga besar karena ketika membuat perubahan, mereka menyamakan di menit ke-91 atau 92, Anda ke babak tambahan kemudian menyesali karena menarik Griezmann dari babak itu.” 

Baca Juga: Pulangkan Timnas Prancis dari Piala Eropa 2020, Begini Reaksi Kiper Swiss

“Lalu di babak tambahan, ada situasi sial yang tak bisa dikontrol ketika Benzema cedera atau merasakan sesuatu, dan Anda kehilangan dua penyerang top. Dan selama babak tambahan itu Anda tak pernah merasa Prancis bisa menang karena tak punya kekuatan untuk melakukannya,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini