Piala Wali Kota Solo Ditunda, Ini Plus dan Minus bagi Pelatih Persib Robert Alberts

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 02:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 49 2432333 piala-wali-kota-solo-ditunda-ini-plus-dan-minus-bagi-pelatih-persib-robert-alberts-49tV0OeGKB.jpg Robert Alberts. (Foto/Persib Bandung)

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung Robert Alberts memandang ditundanya Piala Wali Kota Solo 2021 dari dua sisi yang berbeda. Penundaan ini dianggap positif, tapi dinilai negatif di sisi lain.

"Ini kabar baik dan buruk di saat yang bersamaan, karena kami semua sudah berada di Solo untuk mengikuti turnamen ini," ujar pelatih Robert Alberts, Senin (28/6/2021).

Foto/Persib Bandung

Dia memandang penundaan itu sebagai hal positif karena kasus Covid-19 sedang melonjak tajam di berbagai daerah, termasuk di Solo. Pria asal Belanda itu bahkan menyebut penundaan sebagai langkah bijak.

Baca juga: Begini Respons Persib Bandung Setelah Piala Wali Kota Solo Ditunda

"Keputusan hari ini, ketika panitia akhirnya menunda untuk menggelar turnamen adalah keputusan yang sangat bijak," ungkapnya.

Baca juga: Bukan Marc Klok, Ini Pemain yang Dinantikan Pelatih Persib Robert Alberts

Sebab, penundaan turnamen dinilai sebagai bentuk perlindungan bagi seluruh elemen sepak bola, terutama tim peserta Piala Wali Kota Solo. Sehingga, dia mengapresiasi langkah tersebut.

"Mereka yang melakukan pertemuan hari ini dan duduk bersama memutuskan untuk menunda turnamen, mereka telah memikirkan apa yang terbaik untuk Indonesia dan liga. Dalam kacamata itu, ini menjadi hal positif," jelas Robert.

Namun, mantan juru taktik PSM Makassar itu juga melihat dampak negatif dari penundaan turnamen. Perjalanan tim ke Solo menjadi sia-sia. Apalagi, Persib menempuh perjalanan darat hampir 9 jam dari Bandung.

Yang paling terasa, Persib kehilangan waktu yang sebenarnya bisa dimaksimalkan jika berangkat ke Solo. Padahal, Persib masih. Dalam dua hari terakhir misalnya, Persib menghabiskan waktu untuk perjalanan dan beristirahat setelah tiba di Solo.

Skuat Persib pun tak mungkin langsung berlatih ketika sudah tiba kembali ke Bandung. Sebab, para pemain pasti dalam kondisi kelelahan. Selain itu, tim juga tak mendapat manfaat mengasah kemampuan karena tak satu pun laga bisa dijalani.

Foto/Persib Bandung

"Kami memang kehilangan beberapa hari setelah datang ke sini, tapi tanpa melakoni satu laga pun, dan kembali lagi ke Bandung," tutur Robert.

Kini, Persib akan kembali fokus melakukan persiapan menatap Liga 1 2021/2022. Waktu yang ada bakal dimaksimalkan untuk membentuk skuat tangguh penantang gelar juara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini